cover
Contact Name
Riah Wiratningsih
Contact Email
libraria.fpptijateng@gmail.com
Phone
+6282220563205
Journal Mail Official
libraria.fpptijateng@gmail.com
Editorial Address
Universitas Islam Negeri Salatiga, Jalan Tentara Pelajar No. 2 Kota Salatiga, Jawa Tengah 50721
Location
Kota salatiga,
Jawa tengah
INDONESIA
Libraria: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Published by FPPTI Jawa Tengah
ISSN : 20887310     EISSN : 26143534     DOI : -
Libraria: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi is a journal for library and information science initiated by FPPTI (Indonesian Higher Education Library Forum ) Central Java, published twice annually in June and December. Libraria: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi welcomes the submission of research, theory, and practice papers relevant to library and information science. The article will be reviewed by the editors and reviewers who are competent in the related field. The review uses double-blind peer review before the journal is published. The journal will publish a selected paper under a Creative Commons Attribution ShareAlike 4.0 International License. This journal has printed and electronic versions with registered number P-ISSN 2088-7310 (printed), e-ISSN 2614-3534 (on line).
Articles 82 Documents
Learning Commons: Sebuah Strategi Layanan Perpustakaan Anisa Sri Restanti
LIBRARIA : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Volumen 6, Nomor 1, Tahun 2017 (Juni 2017)
Publisher : FPPTI Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.479 KB)

Abstract

The development of information technology brings various changes in allaspects of life. In today’s era, the diversity of information sources with theease of access in search engines integrated into the internet becomes commonplace.The behavior of the user begins to change with the birth of the netgeneration. The library seems to be demanded by technological developmentsthat are so rapidly innovating in improving the quality of its services. Learningcommons is a concept that can be applied in libraries to always be closeto the user and not left them. This writing discusses various things relatedto learning commons. This study was conducted to determine the benefitsof learning commons and to know how the challenges and application oflearning commons in the library. This study uses literature study method.The results of the study show that the implementation of learning commonsin the library can strengthen the library’s brand image and improve thequality of library services. Based on these results can be concluded that theapplication of learning commons can be used as a service strategy in thelibrary and can defend the existence of libraries in the digital era.
Representation of Library Spaceas Pragmatic Space and Ideological Contestation Endang Fatmawati; Wening Udasmoro; Ratna Noviani
LIBRARIA : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Volumen 6, Nomor 1, Tahun 2017 (Juni 2017)
Publisher : FPPTI Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.074 KB)

Abstract

This article discusses the representation of library spaceas a space for pragmatic and ideological contestations. The methodology used here was qualitative by observation, interview and documentation. The study found that pragmatically, space in library can be defined by aspects of function of space, requirement for information, availability of WiFi facility, and phys-ical material. Meanwhile, in ideological contestation, library space can be defined by aspects of historical space and paradoxical space.
Manajemen Pengelolaan Jurnal Indonesia di PDII-LIPI Wahid Nashihuddin; Dwiatri Kusumaningrum
LIBRARIA : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Volumen 6, Nomor 1, Tahun 2017 (Juni 2017)
Publisher : FPPTI Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (841.319 KB)

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan: (a) tupoksi PDII dalam pengelolaanjurnal di Indonesia; dan (b) proses pengadaan, pengolahan, danpelayanan jurnal Indonesia di PDII. Data kajian bersifat deskriptif – kualitatif,dengan sumber data dari observasi partisipasi dan studi literatur.Kesimpulan makalah ini, yaitu: (1) sebagai pengelola jurnal nasional, PDIImemiliki tupoksi untuk mengintegrasikan akses layanan jurnal nasionalmelalui portal terintegrasi (ISJD); (2) jurnal yang dikelola PDII diterimasecara cuma-cuma melalui ketentuan kewajiban serah simpan jurnal olehpenerbit/pengelola jurnal setelah mendapatkan ISSN dari PDII; (3) pengolahanjurnal dilakukan menggunakan sistem perpustakaan, mulai darianalisis, entri, scanning, cropping, upload, hingga validasi data jurnal diISJD; dan (4) pelayanan jurnal di PDII dapat diperoleh pengguna dengancara datang ke perpustakaan, memesan online, atau melalui layananMembership Online ISJD.
Akses dan Layanan Arsip Statis di Lembaga Kearsipan Universitas Gadjah Mada Moh Very Setiawan
LIBRARIA : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Volumen 6, Nomor 1, Tahun 2017 (Juni 2017)
Publisher : FPPTI Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.689 KB)

Abstract

Di sebuah universitas, tersedianya akes dan layanan arsip dari lembagakearsipan universitas merupakan hal yang penting untuk menyebarluaskaninformasi arsip. Artikel ini mengkaji bagaimana layanan dan akses terhadaparsip yang disediakan oleh lembaga arsip Universitas Gadjah Mada(UGM). Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan deskriptifkualitatif. Hasil kajian ini menjelaskan bahwa Arsip UGM menyediakanlayanan akses arsip dalam beberapa bentuk, seperti arsip tekstual, audiovisual dan arsip kartografi. Arsip-arsip tersebut tidak semua dilayankan,beberapa arsip dapat diakses secara bebas, semi terbuka atau tertutup. ArsipUGM tidak hanya menyediakan layanan secara langsung, tetapi jugamenyediakan layanan arsip secara online. Dengan layanan secara online,pengguna dapat melakukan pencarian arsip melalui aplikasi Sistem InformasiKearsipan Statis (SIKS), serta memesan agar arsip dapat digandakan,untuk dikirimkan ke alamat pemesan.
Upaya Pustakawan Akademik Menumbuhkan Kreativitas dan Inovasi di Era Digital (Studi di Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam di Propinsi Bengkulu) Rhoni Rodin
LIBRARIA : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Volumen 6, Nomor 1, Tahun 2017 (Juni 2017)
Publisher : FPPTI Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.153 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana upayapustakawan akademik dalam menumbuhkan kreativitas dan inovasi diera digital. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diperolehmelalui wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data bersifatinduktif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapaupaya yang bisa dilakukan pustakawan untuk membangun kreativitasdan inovasi di era digital yaitu Pertama, passion artinya pustakawan harusberjiwa semangat dan tidak mudah menyerah dalam melaksanakanaktivitas sebagai pustakawan dan capturing. Kedua, time managementartinya pustakawan harus bisa mengatur waktunya sehingga waktu bisadigunakan secara efektif dan efisien. Ketiga, Networking artinya jaringan,pustakawan harus surrounding, artinya bisa menjalin komunikasidan kerjasama baik sesama pustakawan maupun dengan profesi lainnyadan staf lainnya dalam melakukan aktivitas profesinya. Keempat, Senseof competition artinya pustakawan harus punya semangat berkompetisi,pustakawan harus terbiasa berada di tengah-tengah para pesaing sehinggapustakawan akan selalu siaga dan punya semangat untuk maju dalamhal karier dan profesionalitas. Dan kelima, humility artinya kerendahanhati, pustakawan tidak boleh berlaku dan bersikap arogan baik sesamapustakawan maupun dengan pemustaka.
Pemanfaatan Publikasi Ilmiah di Perguruan Tinggi Agung Nugrohoadhi
LIBRARIA : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Volumen 6, Nomor 1, Tahun 2017 (Juni 2017)
Publisher : FPPTI Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.299 KB)

Abstract

Publikasi merupakan sarana untuk menyampaikan informasi yang diharapkanmampu memberikan kontribusi positif bagi pengembanganwawasan ilmiah bagi seseorang. Dalam perguruan tinggi publikasi ilmiahbisa berbentuk majalah, jurnal, ataupun koleksi digital berupa e-journaldan e-book yang saat ini sudah menjadi kebutuhan yang tak terbantahkanuntuk digunakan bagi pendukung proses belajar mengajar ataupun sebagaikegiatan proses kreatif segenap civitas akademika untuk memunculkan ideide segar sebagai pendukung penelitian. Maka tidaklah mengherankanapabila perpustakaan sebagai perpustakaan riset dengan menyediakan publikasiilmiah yang menyediakan beragam informasi . Dalam perkembanganselanjutnya muncul koleksi repositori yang lebih mengkhususkan diri untukmengelola dokumen yang dihasilkan oleh sebuah instansi dalam hal iniperguruan tinggi dengan sebutan literature kelabu (grey literature) yangdapat berupa dokumen yang khas dan buku-buku yang jarang didapatkandi pasar buku dan juga dokumen yang sering disebut local content.Publikasi local content ini saat ini menjadi salah satu ukuran tolok ukurakreditasi perguruan tinggi sehingga semakin mengokohkan publikasi ilmiahsebagai salah satu instrument penilaian akreditasi perguruan tinggi.
Pengembangan Perpustakaan dan Pustakawan dalam Menunjang Akreditasi Perguruan Tinggi Rika Kurniawaty
LIBRARIA : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Volumen 6, Nomor 1, Tahun 2017 (Juni 2017)
Publisher : FPPTI Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.214 KB)

Abstract

Tinggi,namun mempunyai peranan penting dalam menopang kegiatan TriDharma Perguruan Tinggi. Seperti institusinya, perpustakaan tumbuh danberkembang secara dinamis untuk menyesuaikan tuntutan zaman. Pertumbuhandan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yangmembawa pengaruh besar di dalam dunia pendidikan juga diakomodir didalam standar-standar penilaian akreditasi perguruan tinggi. Karena ituperpustakaan juga harus mengakomodir perkembangan teknologi informasiperpustakaan dapat berjalan dengan baik, maka pustakawan sebagaipengelola dan penggerak perpustakaan juga harus dapat mengembangkankemampuannya secara konsisten. Proses pengembangan kemampuan pustakawanperpustakaan UIN Mataram dilakukan melalui program-programContinuing Professional Development (CPD) yang dilakukan secara bertahap.Program CPD yang telah dilakukan pada perpustakaan UIN Mataramadalah program diklat CPTA (2015), sertifikasi pustakawan (2016), sertakegiatan literasi informasi dan online research skill for academic writing(2017). Kegiatan CPD ini meningkatkan eksistensi kemampuan dan keterampilanpustakawan di perpustakaan UIN Mataram.
Penggunaan Public Library oleh Masyarakat Purwani Istiana
LIBRARIA : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Volumen 6, Nomor 1, Tahun 2017 (Juni 2017)
Publisher : FPPTI Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.236 KB)

Abstract

Penggunaan ruang perpustakaan oleh masyarakat ditengah-tengahperkembangan informasi dan perangkat teknologi informasi merupakansatu hal yang dipandang tidak menarik lagi. Dunia online seolah telahmengalihkan peran perpustakaan bagi masyarakat. Namun di sisi lainperpustakaan tetap berupaya untuk membuat dirinya menarik dan layakdikunjungi oleh masyarakat. Memberikan jam layanan yang lebih panjang,pilihan tempat duduk yang beragam, menyediakan akses WiFi yanglebih baik merupakan salah satu contoh upaya perpustakaan agar tetappantas sebagai satu tempat yang perlu didatangi oleh masyarakat. Padaperkembangan selanjutnya penggunaan ruang perpustakaan tidak hanyasebagai tempat belajar dan atau meminjam buku, namun lebih beragam.Tujuan kajian ini adalah mengetahui penggunaan ruang PerpustakaanUmum Kota Yogyakarta oleh masyarakat. Dipilihnya Perpustakaan KotaYogyakarta, karena Perpustakaan Kota Yogyakarta merupakan salah satujenis perpustakaan umum yang banyak melakukan inovasi untuk menarikpengunjung. Kajian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulandata dilakukan dengan melakukan observasi selama sembilanbulan (Januari 2015- September 2015) di perpustakaan tersebut, sertawawancara dengan sejumlah informan. Hasil kajian menunjukkan bahwapemustaka menggunakan perpustakaan untuk tujuan menyelesaikantugas atau pekerjaan, meminjam buku, belajar berkelompok atau mandiri,menjadikan perpustakaan sebagai tempat janjian bertemu teman, sebagaitempat untuk dapat mengakses internet dan perpustakaan sebagai tempatmelakukan bimbingan atau tutorial.
Kualitas Desain Ruang Koleksi Fiksi dan Berkala di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah Arina Faila Saufa
LIBRARIA : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Volumen 5 Nomor 1 Tahun 2016 (Juni 2016)
Publisher : FPPTI Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.18 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kualitas Desain Ruang Koleksi Fiksi da Berkaladi Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah”. Penelitian ini bertujuanuntuk mendeskripsikan kualitas ruang koleksi fiksi dan berkalamenggunakan 10 indikator kualitas ruang perpustakaan yaitu fungsional,environmentally suitable, adaptable, accessible, varied, interactive,condussive, save and secure, efisien, dan suitable for informationtechnology. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptifdan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawarncara. Daripenelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa ruang koleksi fiksidan berkala di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah belummemenuhi infikator fungsional, accessible, interactive, condussive, dansuitable for information technology, namun telah memenuhi beberapaindikator yaitu environmentally suitable, adaptable, varied, save andsecure, dan efisien.
“Lipstic” Pemanis Penampilan Pustakawan Ifonilla Yenianti
LIBRARIA : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Volumen 5 Nomor 1 Tahun 2016 (Juni 2016)
Publisher : FPPTI Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (109.739 KB)

Abstract

Dunia kerja adalah area bagi individu menunjukkan kualitas dirinyadalam berbagai hal. Dunia kerja menjadi ajang mengeksplorasikompetensi diri, menciptakan sesuatu dari ide dan pemikirannya,mengktualisasikan segenap kemampuan diri yang berorientasi padakemajuan dirinya dan insititusi tempatnya bekerja. Dunia kerja jugamerupakan tempatnya individu berkompetisi dengan individu lainnyadalam konteks mempertahankan kualitas diri untuk dapat bertahansebagai bagian terbaik dari institusi tempatnya bekerja. Demikian halnyadengan pustakawan yang kini telah diakui sebagai profesi yang tidaksetiap orang bisa memasuki dunia keprofesian ini tanpa memenuhipersyaratan tertentu. Kehandalan pustakawan ini menjadi titik majukeprofesiannya yang kemudian diorientasikan pada kemampuanmempertahankan kualitas diri. Inilah yang disebut dengan LIPSTIC-nyapustakawan dalam tulisan ini, yakni suatu skill yang mengarah padaListening, Informatin acceptance, Public relation, Social relationship, Timemanagement, Interpersonal, dan Communication skill. Dan tujuh aspekini pula yang menjadi bagian dari softskill.