COUNSELING FOR ALL: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 2 No 2 (2022): COUNSELING FOR ALL: Jurnal Bimbingan dan Konseling

HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 FANAYAMA

Peningkatan Bu’ulolo (Unknown)
Bestari Laia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Penyesuaian diri siswa dengan guru-guru, teman-teman, mata pelajaran dan lingkungan tempat tinggalnya dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyesuaian diri dan tingkat prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kuantitatif dengan pendekatan kausal korelasional. Populasi penelitian adalahseluruh siswa SMP Negeri 4 Fanayama yang berjumlah 130 orang dan sampel penelitian adalah sebanyak 33 orang. Hasil penelitian thitung= 4,627>ttabel= 2,039, uji korelasi diperoleh 0,639 dengan kategori tinggi, siswa yang dapat menyesuaikan diri mudah berinteraksi dengan orang lain. Kesimpulan penelitian adalahterdapat hubungan yang signifikan antara penyesuaian diri siswa dengan prestasi belajar siswa. Siswa yang dapat menyesuaikan diri mampu menghadapi situasi-situasi baru dalam lingkungannyaagar mencapai prestasi belajar yang lebih baik. Peneliti mengajukan saran, yaitu hendaknya pihak sekolah menyediakan guru bimbingan dan konseling untuk membantu siswa menyesuaikan diri sehingga memiliki prestasi belajar yang baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Counseling

Publisher

Subject

Chemistry Education Social Sciences Other

Description

Counseling For All: Jurnal Bimbingan dan Konseling adalah jurnal Peer review yang diterbitkan oleh LPPM UNIRAYA yang didedikasikan untuk semua aspek perkembangan terkini pada bidang bimbingan konseling. Ruang lingkup bimbingan konseling dalam bidang pendidikan, meliputi penelitian, asesmen, ...