LENTERAL: Learning and Teaching Journal
Vol 4 No 1 (2023): LENTERNAL: Learning and Teaching Journal

Motivasi Siswa Dalam Melaksanakan Ibadah Shalat Jum’at (Studi Analisis di SMA Negeri 1 Jebus)

Fazrul Sandi Purnomo (IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung)
Meila Monisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Permasalahan penelitian ini didasari motivasi siswa dalam melaksanakan shalat Jum’at masih kurang baik, belum ada kesadaran diri untuk melaksanakan ibadah shalat Jum’at, karena masih terdapat siswa yang tidak melaksanakan ibadah shalat Jum’at. Siswa yang tidak melaksanakan shalat Jum’at lebih memilih merokok dan nongkrong bersama teman di tempat yang tersembunyi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuimotivasisiswa melaksanakan ibadah shalat Jum’at di SMA Negeri 1 Jebus. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yakni penelitian yang memandang objek sebagai sesuatu yang dinamis, dan mendeskripsikan suatu fenomena apa adanya. Peneliti mengumpulkan data melalui metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi serta dalam teknik analisis data peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) motivasi siswa melaksanakan ibadah shalat Jum’at yaitu adanya kesadaran diri sendiri untuk beribadah, aturan sekolah dan ajaran orang tua yang mengharuskan melaksanakan ibadah shalat Jum’at, ajakan guru dan teman-teman untuk beribadah.(2) Faktor pendukung siswa melaksanakan ibadah shalat Jum’at yaitu adanya kemauan diri sendiri, kekompakan guru dan orang tua dalam membimbing siswa, pemberian pengetahuan tentang shalat Jum’at, adanya cctv di dalam kelas dan gerbang untuk memantau siswa. Faktor penghambatnya yaitu sarana dan prasarana kurang memadai, pengaruh teman, orang tua kurang tegas, siswa malas beribadah, dan kurang pengetahuan tentang shalat Jum’at.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

LENTERNAL

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, ISSN Online 2721-9054 is a peer-reviewed journal and scientific journal published by IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. This journal aims to publish articles dedicated to all aspects of teaching and learning. The journal focuses on learning and ...