Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 3 No. 1 (2022): Januari

Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA

Ni Putu Ayu Jusita Pratia Sucita (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ignatius I Wayan Suwatra (Unknown)
I Made Tegeh (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun video pembelajaran pada mata pelajaran IPA. (2) mendeskripsikan kualitas hasil validitas pengembangan video pembelajaran pada mata pelajaran IPA menurut para ahli, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakanwawancara, pencatatan dokumen, dan angket/kuesioner. Hasil penelitian (1) Rancang bangun video pembelajaran pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pengembangan ADDIE  (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate) (2) Media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA dikatakan valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan media video pembelajaran sangat baik dengan persentase 100%, (b) hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan media video pembelajaran baik dengan persentase 85,71%, (c) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan media video pembelajaran sangat baik dengan persentase 92,72%, (d) hasil uji coba perorangan menunjukkan media video pembelajaran sangat baik dengan persentase 95,41%, (e) hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan media video pembelajaran sangat baik dengan persentase 95,83%. Hal ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran Usaha Pelestarian Lingkungan layak untuk digunakan bagi guru dan peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...