cover
Contact Name
I Nyoman Laba Jayanta
Contact Email
info.ejournal@undiksha.ac.id
Phone
+62817350209
Journal Mail Official
info.ejournal@undiksha.ac.id
Editorial Address
Jl Udayana Kampus Tengah Singaraja Bali 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Mimbar Pendidikan Indonesia
ISSN : -     EISSN : 27458601     DOI : https://doi.org/10.23887/mpi
Core Subject : Social,
Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan September
Articles 205 Documents
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tema Perkembangan Teknologi Melalui Penerapan Model Discovery Learning pada Siswa Kelas III Arifati Isnaeni; I Wayan Widiana
Mimbar Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 1 (2020): Januari
Publisher : Undiksha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.378 KB) | DOI: 10.23887/mpi.v1i1.27818

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas III A SD Laboratorium Undiksha semester II tahun 2018/2019 melalui model pembelajaran Discovery Learning bermediakan benda konkret. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model spiral dari C. Kemmis dan Mc.Taggart melalui 2 siklus. Subjek penelitian yang digunakan adalah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan terjadinya peningkatan rata-rata dan ketuntasan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar pra siklus sebesar 57,22 meningkat menjadi 78,61 pada siklus I. Kemudian pada siklus II rata-rata hasil belajar menjadi 86,38. Dengan KKM 60 pada pra siklus ketuntasan sebesar 44,4%, pada siklus I meningkat menjadi 80,6% dan pada siklus II meningkat menjadi 91,7%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III pada tema perkembangan teknologi.
IMPLEMENTASI KOOPERATIF NHT MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING KAKI BAGIAN LUAR I Komang Dwi Astika; , I Gusti Lanang Agung Parwata
Mimbar Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 1 (2020): Januari
Publisher : Undiksha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.875 KB) | DOI: 10.23887/mpi.v1i1.27837

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Subjek penelitian ini siswa kelas XII MIPA 8 SMA Negeri 1 Singaraja, yang berjumlah 32 orang. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata aktivitas belajar passing  kaki bagian luar, secara klasikal pada observasi awal 6,2 (cukup aktif), meningkat pada siklus I menjadi 7,14 (aktif), dan meningkat pada siklus II menjadi 7,92 (aktif). Sedangkan persentase kentuntasan hasil belajar secara klasikal pada observasi awal 20%,  meningkat pada siklus I menjadi 84%, dan meningkat pada siklus II menjadi 100%. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing menggunakan kaki bagian luar sepakbola meningkat melalui penerapan model pembelajaran NHT pada siswa kelas XII MIPA 8 SMA Negeri 1 Singaraja. Disarankan kepada guru PJOK untuk menerapkan model pembelajaran NHT karena meningkatkan aktivitas dan hasil belajar  passing menggunakan kaki bagian luar siswa.
STUDENTS’ WRITING ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT BY USING MIND MAPPING TECHNIQUE (A CLASSROOM ACTION RESEARCH IN CLASS X-A UPW) Beti Sugiharti
Mimbar Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 1 (2020): Januari
Publisher : Undiksha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.081 KB) | DOI: 10.23887/mpi.v1i1.27838

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas X-A UPW dalam menulis teks descriptif dengan menggunakan tehnik mind mapping atau peta konsep. Subjek dari penelitian ini adalah kelas X-A UPW SMK Negeri 1 Singaraja yang berjumlah tiga puluh enam siswa. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada hasil observasi yang menunjukkan bahwa siswa mempunyai kesulitan dalam menulis, seperti; kesulitan dalam tata bahasa, kurangnya kalimat yang bervariasi, tidak masuk akal dan kosakata yang lemah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari rencana, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penilitian ini adalah tes (pre-tes, post tes 1, post tes 2) dan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan menulis dan prestasi siswa dalam menulis teks deskriptif dan melewati kriteria ketuntasan minimal (75) pada siklus pertama. Nilai rata-rata meningkat dari 70,77 (pre-tes) menjadi 74,77 (post tes 1) dan 80,5 (pos tes 2). Kesimpulannya adalah peta konsep adalah suatu teknik yang tepat untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Sebagai tembahan, penelitian ini menyarankan agar penelitian selanjutnya meneliti bermacam-macam teks menggunakan tehnik peta konsep, seperti teks eksposisi analitis, diskusi dan eksposisi hortatori.
PENERAPAN MODEL NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BOLA VOLI PADA SISWA KELAS X I Ketut Catur Suradnya; I Putu Darmayasa
Mimbar Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 1 (2020): Januari
Publisher : Undiksha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.635 KB) | DOI: 10.23887/mpi.v1i1.27839

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bola voli melalui penerapan model NHT pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini tergolong PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Kecantikan yang berjumlah 36 orang. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data observasi awal aktivitas belajar bola voli secara klasikal sebesar 33,33 (cukup aktif), setelah diberi tindakan pada siklus I meningkat menjadi 61,11 (aktif) dan meningkat menjadi 100 (aktif) pada siklus II. Analisis data ketuntasan hasil belajar pada observasi awal sebesar 27,78%, setelah diberi tindakan pada siklus I meningkat menjadi 38,89% dan meningkat menjadi 100 % pada siklus II.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, simpulan penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar bola voli meningkat melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 2 Singaraja dan hasil belajar bola voli. 
IMPLEMENTASI KOOPERATIF NHT MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING KAKI BAGIAN DALAM I Kadek Nuprianta Putra; I Ketut Budaya Astra
Mimbar Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 1 (2020): Januari
Publisher : Undiksha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.525 KB) | DOI: 10.23887/mpi.v1i1.27840

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing kaki bagian dalam melalui implementasi model pembelajaran NHT pada Siswa kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini adalah PTK, dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 1 Singaraja, berjumlah 32 orang. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan rata-rata aktivitas belajar teknik dasar passing kaki bagian dalam secara klasikal pada observasi awal 6,2 (cukup aktif), pada siklus I meningkat menjadi 7,14( aktif), dan 7,92 (aktif) pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar kompetensi pengetahuan dari observasi awal sebesar 20% (tuntas), pada siklus I menjadi 84%(tuntas) dan 100%(tuntas) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar secara signifikan juga terjadi pada kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing  kaki bagian dalam meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 1 Singaraja.
Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Media Powerpoint Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu Ni Putu Warningsih
Mimbar Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 2 (2020): Mei
Publisher : Undiksha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.268 KB) | DOI: 10.23887/mpi.v1i2.30180

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gianyar di kelas VII G yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Agama Hindu masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas VII G di SMP Negeri 2 Gianyar pada semester II tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media powerpoint. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Dengan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran yang diterapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya hanya mencapai rata-rata 68,05 dan ketuntasan belajar 30,55%, pada siklus I meningkat menjadi 74,86 dengan ketuntasan belajar 72,22% dan pada Siklus II meningkat menjadi 81,94 dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media powerpoint dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Gianyar pada semester II tahun pelajaran 2018/2019
Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika i wayan sosiawan
Mimbar Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 2 (2020): Mei
Publisher : Undiksha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.051 KB) | DOI: 10.23887/mpi.v1i2.30181

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP di kelas VII F yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Matematika masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VII F di SMP pada semester II tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Explicit Instruction. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Dengan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran yang diterapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya hanya mencapai rata-rata 68,07 dan ketuntasan belajar 28,20%, pada siklus I meningkat menjadi 73,84 dengan ketuntasan belajar 76,92% dan pada Siklus II meningkat menjadi 80,51 dengan ketuntasan belajar mencapai 94,87%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VII F SMP  pada semester II tahun pelajaran 2018/2019.
Penerapan Model Pembelajaran Sq3r (Survey, Question, Read, Recite, Review) Dengan Media Audio Visual Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Ni Made Ekaswari
Mimbar Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 2 (2020): Mei
Publisher : Undiksha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.045 KB) | DOI: 10.23887/mpi.v1i2.30182

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP kelas IX H yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IX H pada semester II tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dengan media audio visual. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Dengan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran yang diterapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya hanya mencapai rata-rata 67,35 dan ketuntasan belajar 35,29%, pada siklus I meningkat menjadi 74,70 dengan ketuntasan belajar 61,76% dan pada Siklus II meningkat menjadi 81,61 dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dengan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IX H SMP pada semester II tahun pelajaran 2018/2019.
Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dengan Metode Bimbingan Individu dan Kelompok Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa I Ketut Sudiarta
Mimbar Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 2 (2020): Mei
Publisher : Undiksha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.014 KB) | DOI: 10.23887/mpi.v1i2.30183

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Selat dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Selat melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation dengan metode bimbingan individu dan kelompok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Selat yang berjumlah 23 orang, dalam mata pelajaran Matematika. Data tentang prestasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode tes dengan instrumanya yaitu berupa tes prestasi belajar. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: penerapan model pembelajaran Group Investigation dengan metode bimbingan individu dan kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IX D pada semester II SMP Negeri 1 Selat tahun pelajaran 2018/2019. Skor rata-rata prestasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari awal pembelajaran, ke siklus I, hingga ke siklus II. Rata-rata kelas prestasi belajar pada awal pembelajaran hanya mencapai 69,56, siklus I meningkat menjadi 73,91 pada siklus II menjadi 81,73. Ketuntasan klaksikal awal hanya mencapai 21,73%, pada siklus I meningkat menjadi 52,17% dan pada siklus II menjadi 91,30%.
Pengembangan Gerakan Literasi Sekolah Dengan Mengotimalkan Peran Perpustakaan Melalui Program Tali Kasih Dewa Nyoman Bawa
Mimbar Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 2 (2020): Mei
Publisher : Undiksha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.635 KB) | DOI: 10.23887/mpi.v1i2.30184

Abstract

Tujun penelitian ini adalah untuk mengembangkan budaya literasi dan meningkatkan prestasi siswa di SMP Negeri 1 Gianyar melalui program “TALI KASIH” (Duta Literasi dan Kompetisi Karya Litersi Sekolah). Penelitian ini tergolong praktek baik (best practice) yang dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan analisis data bahwa dampak positif program Tali Kasih terhadap peningkatan prestasi siswa, adalah: (a) Pemanfaatan perpustakaan menjadi lebih optimal, dimana hampir setiap kegiatan sekolah memfaatkan perpustakaan sekolah. (b) Jumlah kunjungan siswa ke perpustakaan setiap bulannya mengalami peningkatan secara drastis. Sesuai rekapitulasi data pada akhir bulan Oktober 2019 jumlah siswa yang berkunjung ke perpustakaan sekolah sebesar 98,16%. (c) Jumlah siswa yang meminjam buku dari berbagai jenis klasifikasi buku juga setiap bulannya mengalami peningkatan. Sesuai rekapitulasi data pada akhir bulan Oktober 2019 jumlah siswa yang meminjam buku ke perpustakaan sekolah sebesar 93,85%. (d) Dampak positif lainnya adalah prestasi yang diraih siswa secara kualitas juga mengalami peningkatan, yaitu: Siswa a.n Gede Indra Prabawa Putra mampu lolos 12 besar IJSO dan sudah sampai ikut TC di Bandung. Siswa an. Deantika Ardila Santi mendapat juara I lomba IPS dan memperebutkan piala bergilir Dekan IPS di Undiksha. Dalam Olimpiade Fisika di Universitas Udayana, dua orang siswa meraih medali yakni medali emas an. Gede Indra Prabawa Putra dan medali perak an. Ngakan Putu Bagus Aditya Pradnya

Page 1 of 21 | Total Record : 205