Web perpustakaan Universitas Udayana berfungsi sebagai media informasi, penyedia koleksi digital, promosi perpustkaan serta bermanfaat untuk meningkatkan daya saing global. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas Web Perpustakaan Universitas Udayana terhadap kepuasan pengguna. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dan untuk pengumpulan data menggunakan teknik survey berbasis kuesioner. Survey menggunakan kuesioner yang disebar ke 100 orang berdasarkan perhitungan menggunakan rumus slovin. Responden merupakan mahasiswa yang pernah mengakses web Perpustakaan Universitas Udayana. Kuesioner dibuat berdasarkan konsep dari WebQual 4.0 dengan tiga kategori pengukuran meliputi usability, kualitas informasi serta kualitas interaksi. Dari ketiga kategori tersebut akan dipecah menjadi 20 butir pertanyaan yang akan menjadi pegangan peneliti untuk melakukan survey. Data yang dikumpulkkan diolah dan dianalisis dengan bantuan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil perhitungan yang didapat maka variabl Information quality, Interaction quality dan usability memilki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Indikator dari variabel usability yaitu penambahan pengetahuan dari web perpustakaan memiliki nilai paling tinggi yaitu sebesar 83%. Prioritas peningkatan dan perbaikan yaitu pada indikator tampilan web perpustakaan dengan nilai sebesar 54%. Sehingga perlu dilakukan peningkatan pada sisi tampilan web Perpustakaan Universitas Udayana karena indikator tersebut memiliki nilai paling kecil dan berpengaruh pada kepuasan pengguna.
Copyrights © 2022