Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika
Vol 1, No 2 (2014): Vol 1: Oktober 2014

Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 30 Makassar

Hasyim, Mutahharah ( Pendidikan Fisika PPs Universitas Negeri Makassar)
Muris, Muris ( Pendidikan Fisika PPs Universitas Negeri Makassar)
Yani, Ahmad ( Pendidikan Fisika PPs Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2014

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui  perbedaan keterampilan proses sains antara model pembelajaran langsung dan pembelajaran konvensional ditinjau dari  gaya belajar yang dimiliki peserta didik baik  audio-visual maupun kinestetik dan  interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap keterampilan proses sains pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 30 Makassar. Desain penelitian yang digunakan adalah  desain faktorial 2 x 2. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis varians dua arah GLM Univariat yang dilanjutkan dengan Uji Tukey dan Scheffe dengan menggunakan program SPSS versi  20.0 for windows dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara peserta didik  yang diajar dengan model pembelajaran langsung dengan peserta didik yang diajar dengan menggunaan pembelajaran konvensional ; (2) tidak terdapat perbedaan keterampilan proses sains  antara peserta didik yang memiliki gaya belajar audio-visual dengan peserta didik yang memiliki  gaya belajar kinestetik; dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar (audio-visual dan kinestetik) terhadap keterampilan proses sains peserta didik.

Copyrights © 2014