Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis STEM terhadap literasi sains siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design, dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V (A dan B) dengan jumlah 46 siswa di SD Negeri Kanigoro 03. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling dengan sampel kelas eksperimen (V-B) dan kelas kontrol (V-A). Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes berupa uji tes pilihan ganda. Uji hipotesis penelitian dengan menggunakan Uji Anacova guna menguji literasi sains siswa. Hasil uji Anacova sigma model pembelajaran diperoleh signifikansi 0,004. Dari perolehan literasi sains, disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis STEM terhadap literasi sains siswa kelas V sekolah dasar.
Copyrights © 2023