Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 7 No 1 (2023): Volume 7, Nomor 1, 2023

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis STEM terhadap Kemampuan Literasi Sains Kelas V Sekolah Dasar

Sherly Novitasari (Unknown)
Marinda Sari Sofiyana (Unknown)
Sripit Widiastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis STEM terhadap literasi sains siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design, dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V (A dan B) dengan jumlah 46 siswa di SD Negeri Kanigoro 03. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling dengan sampel kelas eksperimen (V-B) dan kelas kontrol (V-A). Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes berupa uji tes pilihan ganda. Uji hipotesis penelitian dengan menggunakan Uji Anacova guna menguji literasi sains siswa. Hasil uji Anacova sigma model pembelajaran diperoleh signifikansi 0,004. Dari perolehan literasi sains, disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis STEM terhadap literasi sains siswa kelas V sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...