Forum Ekonomi : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol 25, No 1 (2023): Januari

Meningkatkan keputusan pembelian melalui kemudahan penggunaan, kepercayaan dan reputasi pada e-commerce

Muinah Fadhilah (Unknown)
Putri Dwi Cahyani (Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta.)
Rohmah Pujiyani (Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta.)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kemudahan penggunaan, kepercayaan dan reputasi terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi shopee di Indonesia, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Uji instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabelitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asusmsi klasik, uji normalitas, uji multikolineritas, uji heteroskedasitas. Uji analisis yang digunakan yaitu regresi linear, uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dan uji F. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kemudahan penggunaan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee, 2) kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee. 3) reputasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee, 4) Kemudahan Penggunaan, kepercayaan dan reputasi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

FORUMEKONOMI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansiis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in January & ...