Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol 16 No 1 (2023)

Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Teks Anekdot di Kelas X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan

Ari Musdolifah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan.)
Nurliani Maulida (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan.)
Yosef Nober Yankiapoli (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan.)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

ABSTRAKProfil  Pelajar  Pancasila  adalah  cara  untuk  menguatkan  nilai  karakter khususnya peserta didik dari pengaruh pergeseran budaya. Tujuan penelitian ini  adalah  (1)  mendeskripsikan  implementasi  mendeskripsikan implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pelajaran bahasa Indonesia di Kelas  X  DKV  SMK  Negeri  3  Balikpapan  (2)  mendeskripsikan  metode  untuk menguatkan karakter Profil Pelajar Pancasila dalam pelajaran bahasa Indonesia di kelas X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah  wawancara,  observasi,  dan  dokumentasi.  Teknik  analisis  data penelitian  ini  dilakukan  dengan  reduksi  data,  penyajian  data,  dan kesimpulan. Hasil  dalam penelitian ini adalah implementasi Profil Pelajar Pancasila telah diterapkan dengan baik oleh peserta didik karena guru kelas selalu mengingatkan dan memberi nasihat kepada peserta didik. Hal tersebut tampak pada pembelajaran bahasa Indonesia materi teks aknekdot. Metode yang dilakukan sebagai penguatan Profil Pelajar Pancasila sudah diterapkan ke dalam pembelajaran dan akan terus dikembangkan melalui RPP.Kata Kunci: Teks anekdot, Profil Pelajar Pancasila.ABSTRACTPancasila Student Profile is a way to strengthen character values, especially students from the influence of cultural shifts. The objectives of this study are (1) describing the implementation of the Pancasila Student Profile in Indonesian language lesson in Class X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan (2) Describing methods to strengthen the character of the Pancasila student profile in Indonesian language lessons in class X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan. This type of research is descriptive qualitative. The source of this research data is 36 students of class X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan. The data collection techniques of this study are interviews, observations, and documentation.  Data analysis techniques of this study were carried out by reducing data, presenting data, and conclusions. Results in this research is the implementation of profile students pancasila has been applied in advance by student because class teachers always remind and provides advice to the students. This can be seen in the learning Indonesian language of the anecdote text material. The method carried out as a strengthening of the Pancasila Student Profile has been applied to learning and will continue to be developed through lesson plan.Keywords: anecdote text, Pancasila Student Profile.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Stilistika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini menfokuskan pada publikasi hasil penelitian berupa artikel ilmiah tentang bahasa, sastra dan pengajaran Bahasa ...