cover
Contact Name
Idhoofiyatul Fatin
Contact Email
idhofatin.pbsi@fkip.um-surabaya.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
stilistika@um-surabaya.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
ISSN : 19788800     EISSN : 26141327     DOI : -
Core Subject : Education,
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini menfokuskan pada publikasi hasil penelitian berupa artikel ilmiah tentang bahasa, sastra dan pengajaran Bahasa Indonesia. Jurnal ini terbit setiap Januari dan Juli dengan nomor P-ISSN 1978-8800 dan E-ISSN 2614-3127.
Arjuna Subject : -
Articles 166 Documents
Deiksis Sosial dan Deiksis Persona Slogan Persebaya di Daerah Surabaya Utara RH. Rizqi Familia P.; Insani Wahyu Mubarak
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 10, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/st.v10i1.1335

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh deskripsi tentang deiksis sosial dan deiksis persona yang terdapat dalam slogan Persebaya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian menggunakan slogan Persebaya yang ditulis di spanduk. Teknik pengumpulan data dengan studi observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua deiksis, yaitu deiksis sosial dan deiksis persona. Deiksis sosial yang muncul dalam slogan Persebaya seperti kata jancok, cok, bangsat, mafia, dan fuck. Kata-kata tersebut sangat populer di Surabaya, tetapi kata-kata itu tidak sopan untuk diungkapkan dan dipublikasikan karena memiliki makna yang sangat kasar. Deiksis persona yang terdapat pada slogan Persebaya adalah deiksis persona pertama, kedua, dan ketiga. Contoh deiksis tersebut adalah kata kami, kalian, kamu, ku, mereka, kau, mu. Para suporter Persebaya masih menggunakan kata-kata yang baik untuk diungkapkan dan dipublikasikan karena kata-kata tersebut masih menghormati seseorang yang dituju.
Pengaruh Penerapan Metode Think Pair Share Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Tunagrahita SMPLB Putra Mandiri Surabaya Nawal Abdina Sandy
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 12, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/st.v12i1.2440

Abstract

Penelitian ini akan membahas tentang Pengaruh metode Think Pair Share terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Tunagrahita SMPLB Putra Mandiri Surabaya. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan berbicara siswa tunagrahita yang menjadi subjek penelitian. Kurangnya keterampilan berbicara siswa tunagrahita ini disebabkan oleh beberapa factor yang juga akan dibahas dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain One-Group Pre-Test dan Post-test, yaitu pemberian tes sebelum pemberian perlakuan dan tes sesudah pemberian perlakuan. Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa yang mengalami ketunaan jenis tunagrahita, yaitu kurangnya kemampuan untuk berkonsentrasi dan lambat belajar di SMPLB Putra Mandiri Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus persentase dan T-Test. Hasil penelitian menyebutkan bahwa penerapan metode Think Pair Share memberi dampak positif terhadap keterampilan berbicara siswa tunagrahita SMPLB Putra Mandiri Surabaya.
Pendidikan dalam Novel “Sang Pemimpi” Karya Andrea Hirata Supriyadi Supriyadi
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 8, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/st.v8i2.108

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang digunakan pengarang dalam novel Sang Pemimpi. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: dalam novel Sang Pemimpi Andrea Hirata ingin menyampaikan nilai-nilai pendidikan yang sangat bermanfaat bagi para pembaca dengan menghidupkan isi cerita di dalamnya, sehingga dapat menjadi lebih hidup dan menambah variasi serta menghindari hal-hal yang bersifat monoton yang dapat membuat pembaca bosan. Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Sang Pemimpi, berdasarkan hasil analisis terdiri atas empat nilai. Nilai-nilai pendidikan tersebut yaitu: (a) nilai pendidikan religius merupakan sudut pandang yang mengikat manusia dengan Tuhan pencipta alam dan seisinya, dalam novel Sang Pemimpi, (b) nilai pendidikan moral yaitu suatu nilai yang menjadi ukuran patut tidaknya manusia bergaul dalam kehidupan bermasyarakat, dalam novel Sang Pemimpi, (c) nilai pendidikan sosial yaitu suatu kesadaran dan emosi yang relatif lestari terhadap suatu objek, gagasan, atau orang, dalam novel Sang Pemimpi.
Alih Kode dan Campur Kode dalam Novel Sabtu Bersama Bapak Karya Adhitya Mulya Ika Fibri Fitriana
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 11, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/st.v11i2.2354

Abstract

Penelitian ini menelaah wujud alih kode dan campur kode dalam novel Sabtu Bersama Bapak (SBB) karya Adhitya Mulya. Tujuannya untuk mendeskripsikan wujud alih kode dan campur kode teks dalam novel SBB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat wujud alih kode berupa : a) Alih bahasa Sunda ke bahasa Indonesia, b) Alih bahasa Indonesia ke bahasa Jawa, c) Alih bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, dan d) Alih bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Faktor yang melatarbelakangi terjadinya alih kode yang terdapat dalam novel yaitu, a) Pembicara atau penutur, b) Lawan tutur, c) Perubahan topik pembicaraan, dan d) Pokok pembicaraan. Selain alih kode terdapat pula wujud campur kode yang berupa : a) Penyisipan unsur yang berwujud kata, b) Penyisipan unsur yang berwujud frasa, c) Penyisipan unsur yang berwujud pengulangan kata, dan d) Penyisipan unsur yang berwujud klausa. Faktor yang melatarbelakangi terjadinya campur kode dalam novel SBB yaitu, a) Identifikasi peranan, b) Identifikasi ragam, dan c) Keinginan untuk menjelaskan.
Pengaruh Pendekatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Kota Sukabumi Nyova Fazriani; Deden Ahmad Supendi; Hera Wahdah Humaira
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 12, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/st.v12i2.2802

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan membaca siswa setelah menggunakan pendekatan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan pre experimental design dengan model  the one group pretest-posttest. Populasi penelitian kelas X SMK Negeri 3 Kota Sukabumi dengan sampel penelitian yang digunakan yaitu purposive sampling dan kelas yang dijadikan sampel penelitian yaitu X Jasa Boga I. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan soal HOTS bahasa Indonesia pilihan ganda sebanyak 20 butir beserta alasan. Berdasarkan uji prasyarat normalitas dan homogenitas bahwa data hasil penelitian berdistribusi tidak normal dan kedua kelas memiliki varians yang homogen. Diketahui analisis data distribusi prates diperoleh hasil Mean 56.17 sedangkan pascates setelah diberikan stimulus atau perlakuan dengan pendekatan HOTS diperoleh hasil Mean 72.06, maka terdapat peningkatan nillai hasil belajar pascates setelah dilalukan stimulus dengan menerapkan pendekatan HOTS pada pembelajaran. Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dalam Uji-t diperoleh thitung > ttabel (13.69 > 2.042) dan uji Wilcoxon Sign rank yang menghasilkan nilai (asym.sig. (2-tailed)) adalah 0.000 < 0.05 maka hasil hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar pada kemampuan berpikir siswa pada saat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) terhadap keterampilan membaca siswa. Kata kunci: Pendekatan Higher Order Thinking Skill (HOTS), Keterampilan Membaca
Kekerabatan Kosakata Bahasa Jawa dengan Bahasa Madura Tara Amalia Islami
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 10, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/st.v10i1.1340

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kosakata yang berkerabat dan hubungan kekerabatan BJ dan BM. Jenis penelitian ini adalah kualitatif karena data dan hasil penelitian lebih dominan berupa kata-kata. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angkat berupa pertanyaan dua ratus kosakata. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari responden empat kota di Jawa bagian timur dan di Madura. Teknik analisis data menggunakan leksikostatitik untuk menentukan kekerabatan dengan empat indikator yakni identik, korespondensi fonemis, kemiripan secara fonetis, dan satu fonem berbeda. Hasil penelitian ini dua ratus kosakata terdapat 15 kosakata yang kosong atau tidak memiliki padanan. Tersisa 185 kosakata, dan hanya 41 kosakata BJ dan BM yang berkerabat. Persentasenya ialah 20,50% dan berada pada tingkat serumpun.
Deiksis Sosial Kumpulan Esai Buku Republik #Jancukers Karya Sujiwo Tejo Agus Budiman; Sujinah Sujinah; Ngatma&#039;in Ngatma&#039;in
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 9, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/st.v9i2.1177

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah keragaman makna ungkapan bahasa yang terdapat pada deiksis sosial dalam kumpulan esai buku Republik #Jancukers karya Sujiwo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi deiksis sosial yang terdapat dalam kumpulan esai buku Republik #Jancukers karya Sujiwo Tejo. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Data penelitian diperoleh dari kumpulan esai buku Republik #Jancukers karya Sujiwo Tejo yang mengandung deiksis sosial. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan tabel pengodean. Prosedur penelitian mempunyai empat tahap, yakni tahap membaca, mengidentifikasi, mengumpulkan, menganalisis. Analisis data menggunakan metode deskripsi. Hasil penelitian pada bentuk dan fungsi deiksis sosial meliputi gue sebagai bentuk keakraban, mbah sebagai bentuk penghormatan, anjing sebagai bentuk keakraban, jeng sebagai bentuk keakraban, mas sebagai bentuk penghormatan, mas sebagai bentuk keakraban, bung sebagai bentuk keakraban, bung sebagai bentuk penghormatan, jancuk sebagai bentuk keakraban, jancuk sebagai bentuk merendahkan, anjing sebagai bentuk merendahkan, gus sebagai bentuk keakraban dan ding sebagai bentuk keakraban.
Analisis Bahasa Gaul dalam Novel Ayat Amat Cinta Karya Asma Nadia, Boim Lebon, Fahri Asizah, Birulaut-Taufan E. Prast, LIan Kagura, Rex-Ratno Fadillah Kurniady Wijaya; Pheni Cahya Kartika
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 11, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/st.v11i2.2367

Abstract

Novel ayat amat cinta karya asma Nadia, Boim Lebon dkk Menampilkan bahasa gaul guna menyesuaikan dengan kondisi peminat nya terutama remaja. Berdasarkan penelitian bahasa telah banyak mengalami pergeseran yang signifikan atas bahasa yang di ciptakan hendaknya dapat menciptakan bahasa gaul yang sewajarnya sehingga tidak mengacaukan komunikasi pendidikan bahasa Indonesia. Proses morfologis ini hanya di batasi pada afiksasi reduplikasi, dan pemendekan kata yang terdapat pada novel ayat amat cinta karya asma Nadia, Boim Lebon dkk. Sebagai data penelitian, data ini berbentuk kosakata bahasa gaul dalam novel ayat amat cinta karya asma Nadia, Boim Lebon dkk. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Dengan teknik dasar membaca dan mencatat. Dengan teknik analisis interaktif dengn tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dalam novel ayat amat cinta karya asma Nadia, Boim Lebon dkk tersebut telah banyak mengalami pergeseran yang signifikan pada objek penelitian yang diteliti. Oleh karena hal tersebut, peneliti mengharapkan adanya kesadaran sehingga tidak mengacaukan komunikasi pendidikan terutama bahasa indonesia.
Analisis Stilistika Puisi Gresla Mamoso Karya Aming Aminoedhin Sita Khoiriah; Ali Nuke Affandy; insani wahyu mubarok
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 12, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/st.v12i2.2947

Abstract

Kumpulan puisi Gresla Mamoso karya Aming Aminoedhin banyak menggunakan pemanfaatan kosa kata bahasa jawa. Karena kebanyakan puisi Aming berkisah tentang jaman manusia purba dan jaman penjajahan Belanda. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan gaya bahasa dalam puisi Gresla Mamoso (2)  Bagaimana penggunaan diksi dalam puisi Gresla Mamoso. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode analisis isi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah (1) Reduksi Data, yaitu data yang diperoleh dicatat dalam uraian yang terperinci. (2) Penyajian Data, pada tahap ini data yang sudah ditetapkan kemudian disusun secara teratur dan terperinci. (3) Penarik Kesimpulan, pada tahap ini data yang diperoleh dibuat kesimpulan sehingga yang diperoleh benar-benar valid. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa gaya bahasa yangterkandung didalamnya, antara lain : gaya bahasa Asonansi, Repetisi, Hiperbola, Paralelisme, dan Personifikasi. Kata Kunci: Diksi, Gaya Bahasa, Stilistika
Eufemia Hotel Prodeo pada Berita Ketika Angie Cek Gigi dan Nyalon di Hotel Prodeo Idhoofiyatul Fatin
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 8, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/st.v8i2.84

Abstract

Eufemia adalah gejala ditampilkannya kata-kata atau bentuk-bentuk yang dianggap memiliki makna yang lebih halus atau lebih sopan daripada yang akan digantikan (Chaer, 2009:144). Eufemia banyak ditemukan di berita baik cetak maupun elektronik. Salah satu bentuk eufemia ditemukan di koran online tempo.co, yaitu frasa hotel prodeo pada judul berita Ketika Angie Cek Gigi dan Nyalon di Hotel Prodeo. Hotel prodeo merupakan eufemia dari penjara. Untuk menganalisis pembuktian bahwa hotel prodeo merupakan eufemia dari penjara digunakan pendekatan konseptual dan teknik ganti serta analisis medan dan komponen makna. Dari analisis ini diketahui bahwa hotel prodeo merupakan eufemia paling halus dari penjara sebab frasa hotel prodeo menimbulkan rasa halus dan mewah.

Page 1 of 17 | Total Record : 166