JURNAL LENTERA BISNIS
Vol 12, No 1 (2023): JURNAL LENTERA BISNIS, Januari 2023

EKSPLORASI EFEKTIVITAS E-TRAINING TERHADAP PENINGKATAN ORGANIZATIONAL PERFORMANCE PT JAKARTA INTERNATIONAL HOTELS DEVELOPMENT (JIHD)

Valentina Happy Vanesa (Politeknik Jakarta Internasional)
Agus Wibowo (Politeknik Jakarta Internasional)
Gunarto Wardjono (Politeknik Jakarta Internasional)
Ervan Yudi Widiyarto (Politeknik Jakarta Internasional)
Kus Indiyah (Politeknik Jakarta Internasional)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Pandemi COVID-19 membawa dampak pada semua sendi kehidupan, salah satu yang terdampak parah  adalah sektor perekonomian dan industri. Demi menjaga produktifitas ditengah pandemi COVID-19 dan bertahan memenangkan karena persaingan yang ketat ditengah ketidaktentuan, perusahaan tertantang untuk mencapai kinerja optimal.Penelitian ini bertujuan  untuk menganalisis Efektifitas E-Training terhadap Organizational Performance yang ditinjau juga melalui Employee Motivation dan Employee Job Satisfation. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan jumlah responden sebesar 284 karyawan PT Jakarta International Hotels & Development.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa e-training merupakan faktor yang terbukti dapat meningkatkan job satisfaction dan employee motivation. Penggunaan e-training dalam proses pengembangan karyawan perlu untuk terus dilakukan. Hasil penelitian ini juga memberikan informasi data yang dapat dianalisis oleh perusahaan untuk  mencari tahu hal-hal yang merupakan kebutuhan dan keinginan dari karyawan dan berupaya memenuhi kebutuhan karyawan, seperti gaji yang layak, bonus sesuai kinerja dan juga dukungan lainnya sehingga kepuasan dari karyawan akan terus meningkat. Motivasi karyawan juga merupakan faktor penting yang perlu ditingkatkan karena terbukti bahwa motivasi merupakan faktor yang dapat meningkatkan kinerja karyawan. Perusahaan perlu untuk terus meningkatkan motivasi karyawan dengan cara memberikan dukungan yang baik dan juga terus menciptakan kepuasan kerja yang lebih baik. Kata kunci: E-training, employee motivation, employee satisfaction, organizational performance, Structural Equation Modelling (SEM)

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrlab

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Lentera Bisnis (ISSN 2252-9993, e-ISSN 2598-618X) ini merupakan jurnal ilmiah berkala yang terbit berdasarkan kaidah jurnal ilmiah ditujukan untuk mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian, pengembangan dan studi pustaka di bidang ilmu administrasi bisnis meliputi peminatan ilmu bisnis. ...