JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 2 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Determinasi Faktor yang Mempengaruhi Pembiayaan Bermasalah pada PT. Bank NTB Syariah Tahun 2021

Sarkasih, Muhammad Reza (Unknown)
Taryono, Taryono (Unknown)
Hermanto, Koko (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembiayaan bermasalah di PT. Bank NTB Syariah. Faktor yang dapat mempengaruhi pembiayaan bermasalah ini bisa disebabkan dari sisi internal maupun eksternal.  Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif dan bertujuan menentukan hubungan antara dua variabel atau lebih. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Regresi linier digunakan untuk menganalisis data terkait dengan empat variabel independen yaitu CAR (X1), FDR (X2), GDP (X3), inflasi (X4) serta variabel dependen NPF (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Bank NTB Syariah secara parsial Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap rasio pembiayaan bermasalah yang diukur dengan Non Performing Financing (NPF), artinya semakin meningkatnya Capital Adequacy Ratio (CAR) akan menurunkan Non Performing Financing (NPF). Selain itu, diketahui pula bahwa secara parsial Financing to Deposit Ratio (FDR) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap rasio pembiayaan bermasalah yang diukur dengan Non Performing Financing (NPF), artinya semakin meningkatnya Financing to Deposit Ratio (FDR) akan menurunkan   Non Performing Financing (NPF). Dan sebaliknya, setiap penurunan Financing to Deposit Ratio (FDR) akan meningkatkan Non Performing Financing (NPF).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...