MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 5, No 1 (2023): MATHEMA

Implementasi Model Evaluasi Context, Input, Process, and Product (CIPP) dalam Program Asistensi Mengajar di SD Inpres 12 Kabupaten Sorong

Suhartini Sumadi (Unknown)
Syams Kusumaningrum (Unknown)
Desti Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, and Product) dalam Program Asistensi Mengajar di SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran antara metode kualitatif dan metode kuantitatif. Subjek yang digunakan, yaitu sebanyak 7 mahasiswa yang mengikuti program Asistensi Mengajar pada SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa: 1) lembar penilaian RPP, yang digunakan untuk memperoleh nilai RPP; 2) lembar penilaian pelaksanaan pembelajaran, yang digunakan untuk memperoleh nilai pelaksanaan pembelajaran; 3) Dokumentasi berupa buku panduan magang, RPP, bahan ajar yang digunakan mahasiswa asistensi mengajar. Simpulan dari hasil penelitian yang meliput aspek evaluasi Asistensi Mengajar Mahasiswa di SD Inpres 12 Kabupaten Sorong, yaitu menunjukkan rata-rata nilai pada aspek context dalam program asistensi mengajar sebesar 82% termasuk kategori baik, sedangkan untuk nilai evaluasi input sebesar 80% dengan kategoru baik, selanjutnya untuk aspek process sebesar 80% dengan kategori baik, dan aspek product sebesar 77% dengan kategori cukup.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...