Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 5, No 1 (2023): JANUARI

Kesulitan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sistem Blended Learning di SMP Muallimin Blitar

Dian Risdiawati (Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)
Nuriva Srihariyani (Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran di sekolah menggunakan sistem blanded learning. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan faktor penyebab dan upaya untuk mengurangi kesulitan pembelajaran bahasa Indonesia dengan sistem blended learning di SMP Mualimin Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan wawancara langsung dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Muallimin Blitar. Data kemudian dikumpulkan, dikodefikasi, dianalisis sesuai dengan rubrik analisis data, kemudian disajikan berdasarkan teori-teori yang menjadi landasan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) faktor penyebab kesulitan pembelajaran bahasa Indonesia sistem blended learning di SMP Muallimin Blitar adalah a) siswa kurang pengetahuan, b) siswa kurang berliterasi, c) dipengaruhi faktor intern dan ekstren, dan d) minimnya minat dan motivasi belajar. Selanjutnya, 2) upaya untuk mengurangi kesulitan pembelajaran bahasa Indonesia dengan sistem blended learning di SMP Muallimin Blitar diantaranya yaitu a) guru harus menyiapkan RPP sebelum melaksanakan pembelajaran, b) dapat memanfaatkan dan menggunakan media platform online dengan baik, dan c) dapat memilih strategi pembelajaran dan metode pembelajaran yang sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

disastra

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian tentang sastra Indonesia, linguistik, pengajaran dan pembelajaran dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, literasi, serta pengajaran BIPA. ...