Range : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2023): RANGE Januari 2023

Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflective Dan Impulsive

Ariyul Mufida (Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri)
Anisa Fitri (Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri)
Ismanto - (Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah reflective dan impulsive siswa dibandingkan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, peneliti mengandalkan pendekatan kualitatif yang terutama bersifat deskriptif. Pengambilan data dilakukan di MTs N 1 Bojonegoro kelas VII G. Metode pengumpulan data meliputi Matching Familiar Figures Test (MFFT), tes berpikir kritis matematika, dan wawancara. Mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan adalah tiga langkah utama dalam analisis data. Metode untuk menentukan reliabilitas data meliputi peningkatan persistensi, triangulasi, verifikasi rekan melalui diskusi, dan analisis kasus negatif. Peneliti menemukan bahwa mereka yang memiliki gaya kognitif reflective memenuhi keenam indikator berpikir kritis FRISCO saat menyelesaikan soal matematika (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, dan Overview). Satu subjek dengan gaya kognitif impulsive pada matematika tidak memenuhi semua indikator berpikir kritis, sedangkan subjek lain dengan gaya kognitif yang sama hanya dapat memenuhi indikator berpikir kritis Focus

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Range: Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in mathematics education study program on current science issues, namely: (1) Mathematics educator in elementary, secondary and high school level, (2) Mathematics observers and ...