Siswa mengalami kesulitasn dan sering mengalami kesalahan dalam konsep relasi dan fungsi dikelas VIII. Kesalahan yang terjadi dapat berupa kesalahan fakta, konsep, operasi, dan prinsip. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal relasi dan fungsi siswa kelas VIII MTs Ash-shohibiyah Bangun Purba. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA berjumlah 23 orang siswa. Siswa yang melakukan kesalahan fakta berjumlah 22 siswa (95,65%), kesalahan konsep 13 siswa (56,53%), kesalahan operasi 3 siswa(13,04%), dan kesalahan prinsip 4 siswa (17,39%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan semua jenis kesalahan. Kesalahan yang paling banyak terjadi adalah kesalahan fakta dan kesalahan konsep. Siswa belum mampu menuliskan simbol-simbol matematika. Siswa juga masih kesulitan membedakan relasi, fungsi, dan tidak keduanya. Pada materi fungsi, penggunaan langkah-langkah yang dilakukan siswa kurang tepat sehingga dapat dikatakan secara keseluruhan siswa belum menguasai materi fungsi dengan baik.
Copyrights © 2023