Range : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2023): RANGE Januari 2023

Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi Kelas VIII MTs Ash-Shohibiyah Bangun Purba

Annajmi Annajmi (Universitas Pasir Pengaraian)
Armison Armison (Universitas Pasir Pasir Pengaraian)
Ratri Isharyadi (Universitas Pasir Pasir Pengaraian)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Siswa mengalami kesulitasn dan sering mengalami kesalahan dalam konsep relasi dan fungsi dikelas VIII. Kesalahan yang terjadi dapat berupa kesalahan fakta, konsep, operasi, dan prinsip. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal relasi dan fungsi siswa kelas VIII MTs Ash-shohibiyah Bangun Purba. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA berjumlah 23 orang siswa. Siswa yang melakukan kesalahan fakta berjumlah 22 siswa (95,65%), kesalahan konsep 13 siswa (56,53%), kesalahan operasi 3 siswa(13,04%), dan kesalahan prinsip 4 siswa (17,39%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan semua jenis kesalahan. Kesalahan yang paling banyak terjadi adalah kesalahan fakta dan kesalahan konsep. Siswa belum mampu menuliskan simbol-simbol matematika. Siswa juga masih kesulitan membedakan relasi, fungsi, dan tidak keduanya. Pada materi fungsi, penggunaan langkah-langkah yang dilakukan siswa kurang tepat sehingga dapat dikatakan secara keseluruhan siswa belum menguasai materi fungsi dengan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Range: Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in mathematics education study program on current science issues, namely: (1) Mathematics educator in elementary, secondary and high school level, (2) Mathematics observers and ...