Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu Ditinjau dari Hasil Belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Research dengan desain Non Equivalent Kontrol Group Design. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dilihat dari nilai mean posttest kelas eksperimen sebesar 83.80%, sedangkan mean posttest kelas control sebesar 78.80%. indeks gain kelas eksperimen sebesar 0.69 sedangkan indeks gain kelas control sebesar 0.59. hasil uji t menunjukkan nilai thitung (4,388) > Ttabel (2,052) dan nilai Sig. (2-tailed) < 0.05 yaitu 0.014 yang berarti model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh secara positif dan signifikan dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa Sekolah Dasar Hikmah II Yapis Kota Jayapura Provinsi Papua Pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu Ditinjau dari Hasil Belajar.
Copyrights © 2023