Leibniz: Jurnal Matematika
Vol. 3 No. 1 (2023): Leibniz: Jurnal Matematika

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Berbasis TIMSS di SMP Kristen Karuni

Yulita Lika (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Weetebula)
Samuel Rex Mulyadi Making (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Weetebula)
Yulius Keremata Lede (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Weetebula)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII berbasiss TIMSS di SMP Kristen Karuni tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Kristen Karuni dengan jumlah 24 orang. Tehnik pengumpulan data ada tes dan wawancara. Tehnik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukan bahwa presentase keseluruhan siswa yang mampu dalam menyelesaikan soal berbasis TIMSS yang ditinjau dari beberapa tahap indikator menurut Krulik dan Rudnick pada tahap membaca dan berpikir dengan persentase 31,24% kategori rendah, yang kedua yaitu indikator mengeksplorasi dan merencanakan dengan persentase 28,11% kategori rendah, yang ketiga yaitu indikator mencari jawaban dengan persentase 18,75% kategori rendah, yang keempat yaitu indikator memilih strategi dengan persentase 14,58% kategori rendah, dan yang terakhir indikator meninjau kembali dan mendiskusikan dengan persentase 1% kategori rendah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

leibniz

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam Jurnal Leibniz ini adalah sebagai berikut: Geometri dan Aplikasinya, Teori Graf dan Aplikasinya, Riset Operasi dan Aplikasinya, Sistem Dinamik dan Aplikasinya, Model Matematika dan Aplikasinya, Teori Kontrol dan Aplikasinya, Aljabar dan ...