THRONOS: Jurnal Teologi Kristen
Vol 4, No 1: Desember 2022

Yesus Sang Transformator: Sebuah Kajian Reflektif Teologisasi Injil Matius

David Sarju Sucipto (Sekolah Tinggi Teologi Immanuel Nusantara Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Society, in general, has the assumption that teachers are people who are responsible for educating the nation. A teacher must be able to bring change to his students intellectually, socially, morally, and spiritually. A transformer teacher is a professional educator in educating, teaching, guiding, directing, training, assessing, and evaluating students. The teaching profession has dedication and loyalty in guiding and fostering students. Teachers as transformers, need to be able to develop intellectually, guide, stimulate creativity, and build communication for the personality development of their students. Research on the teacher as a transformer according to the Gospel of Matthew aims to find out and analyze the description of the teacher in general, the theological definition of the teacher about the profile of Jesus, and the description of the transformer about Jesus as the transformer teacher. This research used a non-interactive qualitative approach with a descriptive exegesis method. The author relies on data from documents by collecting, identifying, analyzing data, and then interpreting the data. The study's results found that 1) Transformer teachers always focus on making changes for the better. 2) Transformer teachers pass on eternal values from God to students. 3) Transformer teachers instill scientific responsibilities to serve God and fellow human beings. AbstrakMasyarakat secara umum memiliki anggapan, bahwa guru adalah orang yang bertanggungj awab untuk mencerdaskan bangsa. Seorang guru harus bisa membawa perubahan terhadap anak didiknya baik secara intelektual, sosial, moral dan spiritual. Guru transformator adalah seorang pendidik yang profesional dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Profesi guru memiliki dedikasi dan loyalitas dalam membimbing dan membina anak didik. Guru sebagai transformator perlu memiliki kemampuan untuk mengembangkan intelektual, membimbing, merangsang kreatifitas dan membangun komunikasi bagi pengembangan kepribadian anak didiknya. Penelitian tentang guru sebagai transformator menurut Injil Matius bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis gambaran guru secara umum, gambaran guru secara teologis dalam hubungannya dengan profil Yesus, gambaran tentang transformator dalam hubungannya dengan Yesus sebagai guru transformator. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif non interaktif dengan metode deskriptif eksegesis. Penulis mengandalkan data dari dokumen-dokumen dengan cara menghimpun, mengindentifikasi, menganalisis data kemudian menginterpretasikan data tersebut. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) Guru transformator selalu berfokus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. 2) Guru transformator mewariskan nilai-nilai abadi yang bersumber dari Allah bagi anak didik 3) Guru transformator menanamkan tanggung jawab keilmuan untuk melayani Allah dan sesama manusia. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

thronos

Publisher

Subject

Religion Education

Description

THRONOS: Jurnal Teologi Kristen merupakan wadah publikasi hasil penelitian teologi yang dilakukan oleh setiap dosen dari berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen di Indonesia, praktisi Kristen, teolog, yang ingin berkontribusi bagi kemajuan pemikiran Kristen di Indonesia secara khusus. THRONOS ...