Computing Jurnal Informatika
Vol. 7 No. 02 (2020): JURNAL COMPUTING DESEMBER 2020

MEMBUAT APLIKASI BIMBINGAN SKRIPSI ONLINE UNTUK MEMPERMUDAH BIMBINGAN SKRIPSI (STUDI KASUS PRODI TEKNIK INFORMATIKA FTI UNIBBA)

COMPUTING INFORMATIKA (Unknown)
yudi herdiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2020

Abstract

Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Bale Bandung (UNIBBA), seperti halnya universitas lainnya, menuntut setiap mahasiswa agar mampu untuk menyusun karya ilmiah dari hasil penelitian dengan benar dalam bentuk Skripsi (Tugas Akhir).Pada pelaksanaanya terdapat permasalahan yaitu kesulitan para dosen untuk membantu mahasiswa saat bimbingan adalah batasan waktu komunikasi yang terlalu sempit, dan perbedaan jadwal kesibukan Antara mahasiswa dan dosen pembimbing. Tugas akhir ini di buat untuk mempermudah bagi para mahasiswa maupun dosen untuk berkomunikasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dirancang sistem pendukung bimbingan skripsi dengan memanfaatkan teknologi informasi sehingga dapat berfungsi seperti layaknya bimbingan skripsi secara tatap muka. Sistem dirancang dan dibuat dalam ruang lingkup Fakultas Teknologi Informasi. Aplikasi dirancang dengan Bahasa pemrograman PHP, MySQLi, HTML, dan JavaScript. Aplikasi Bimbingan Skripsi Online ini dirancang berbasis website. Rancangan website digunakan untuk pihak jurusan mengolah data dari dosen dan mahasiswa. Hasil dari penelitian ini memberikan kemudahan bagi kedua dosen pembimbing untuk berkomunikasi mengenai mahasiswa bimbingannya, dan antara dosen dengan mahasiswa dalam melakukan bimbingan karena proses bimbingan dapat dilakukan secara online serta dilengkapi dengan pemberitahuan secara realtime melalui pesan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

computing

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Computing Jurnal Informatika invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The Scope topics include, but are not limited to: Software Engineering Communication and networks Data warehousing, filtering, and mining Enterprise system development and ...