Prokrastinasi akademik merupakan penundaan yang tidak berguna. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan layanan (PTL).Penelitian ini dibatasi pada permasalahan mereduksi prokrastinasi akademik siswa dengan menggunakan teknik Role Play yang diberikan kepada 8 siswa kelas VIII F SMP Negeri 01 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus 6 kali tindakan yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Untuk melihat proses dari siklus yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan data menggunakan observasi dan didukung oleh kriteria keberhasilan. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik role play dapat mereduksi atau mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa. Dari tiga siklus yang dilaksanakan, siklus ketiga memiliki hasil terbaik yaitu kriteria keberhasilan meningkat mencapai 89% dengan ketepatan pelaksanaan teknik yang dilakukan peneliti berdasarkan penilaian kolabolator sebesar 98,8% dan rata-rata keaktifan siswa dalam proses penerapan teknik mencapai 2,96 dimana mendekati sempurna yaitu 3. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi trobosan bagi praktisi bimbingan dan konseling untuk mengembangkan ilmu dalam membantu siswa mereduksi prokrastinasi akademik.
Copyrights © 2023