Jurnal Pendidikan dan Keluarga
Vol 14 No 02 (2022): Jurnal Pendidikan dan Keluarga

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PERAWATAN PEDICURE SPA DI SMKN 6 PADANG

Mudhia Khairunnisa (Universitas Negeri Padang)
Rahmiati Rahmiati (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Permasalahan ditemukan bahwa media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga siswa kurang minat dan monoton dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media video pada materi perawatan pedicure spa serta mengetahui tingkat validitas, praktikalitas dan efektifitasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development).Model penelitian yang digunakan adalah 4D. Instrumen yang digunakan berupa angket/kuesioner. Subjek penelitian ini adalah kelas XII KC 1 sebanyak 29 siswa di SMKN 6 Padang. Teknik analisis data yang diperoleh yaitu data validitas, praktikalitas dan efektifitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian analisis data validasi desain media video diperoleh 0,76 kategori valid dan data validasi materi diperoleh 0,85 kategori sangat valid. Hasil analisis data praktikalitas oleh siswa adalah 88,1% kategori sangat praktis dan oleh guru adalah 94,5% kategori sangat praktis. Hasil analisis data efektifitas menunjukkan hasil pretest memperoleh nilai dibawah KKM yaitu 62,52 kriteria efektif, sedangkan hasil posttest memperoleh nilai diatas KKM yaitu 86,66 kriteria sangat efektif. Rata-rata N-Gain Score adalah 0,65 kategori sedang. Hal ini membuktikan bahwa media tersebut efektif digunakan. Disarankan hasil penelitian dapat dijadikan acuan dalam pengembangan media pembelajaran berbasis video guna mempermudah guru menyediakan materi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi yang disampaikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Keluarga (JPK) is a scientific journal for publishing research results and critical reviews of knowledge that have not been published in other journals in the scope of vocational education and science in the fields of food, fashion, beauty and cosmetics by researchers and ...