Buletin Edukasi Indonesia
Vol. 2 No. 01 (2023): Buletin Edukasi Indonesia

Pengembangan Instrumen Soal berbasis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Istiqomah (Universitas Ahmad Dahlan)
Meita Fitrianawati (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal pada materi bangun datar kelas IV yang layak. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Teknik analisis data  digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Validasi dilakukan oleh tiga bidang ahli (materi, pembelajaran, dan evaluasi). Validasi menggunakan angket 1 (Sangat Tidak Setuju) hingga 4 (Sangat Setuju). Tidak ada skala netral dalam pilihan. Rata-rata hasil angket dikategorisasi untuk menentukan tingkat validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen soal HOTS (berpikir tingkat tinggi) pada materi bangun memperoleh hasil penilaian validasi dari ahli materi sebesar 82,5 dengan kategori Sangat Baik. Sedangkan dari ahli pembelajaran diperoleh nilai sebesar 85,0 dengan kategori Sangat Baik. Hasil penilaian dari ahli evaluasi diperoleh sebesar 82,5 dengan kategori Sangat Baik. Analisis tingkat keterlaksanaan yang dilakukan oleh guru diperoleh nilai 85,0. Respon dari 10 siswa memperoleh rata-rata 91,25. Soal mencakup 10 soal pilihan ganda dan 5 soal esai. Hasil analisis validasi menunjukkan butir soal pada pilihan ganda  valid. Tingkat kesukaran tidak ada termasuk tingkat kesukaran mudah. Soal berada dalam kategori sedang, sukar, dan sangat sukar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen soal HOTS pada materi bangun datar kelas IV sekolah dasar layak digunakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

BEI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Buletin Edukasi Indonesia is a peer-reviewed, open-access magazine that considers scholarly, research-based articles on all aspects of education. This journal aims to facilitate the regional exchange of education theory, and contributions from different educational systems and cultures are ...