Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika
Vol 5, No 2 (2022): Desember

Aplikasi Game Edukasi Sejarah Kota Bengkulu Menggunakan Algoritma Fisher Yates

Yetman Erwadi (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Dandi Sunardi (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Septi Eka Putri Krisminati (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini juga bisa membantu dalam hal belajar mengajar yang lebih menarik dan mudah.Salah satu teknologi tersebut adalah smartphone android dimana salah satu keunggulannya adalah bisa digunakan kapan saja dan dimana saja serta ringan dibawa kemana saja. Terlebih lagi sistem android yang berbasis open source sehingga semua orang bisa turut serta membuat aplikasinya. Penulis ingin membangun sebuah aplikasi yang memberikan pengetahuan berupa sejarah kota Bengkulu sehingga banyak orang yang bisa menggunakannya. Sejarah kota Bengkulu telah mencatat banyak peristiwa bersejarah yang terjadi di kota ini. Pada masa penjajahan Inggris kota ini dijadikan sebagai salah satu pusat pertahanan Inggris dan meninggalkan bukti fisik berupa benteng pertahanan terbesar kedua di Asia setelah benteng yang ada di India. Benteng tersebut dinamakan Benteng Marlborough yang dibangun pada abad ke-18 dibawah kepemimpinan Gubernur Yoseph Callet pada tahun 1714. Selain Benteng Marlborough, terdapat juga rumah bekas kediaman Presiden Soekarno pada saat diasingkan pemerintah Belanda ke Bengkulu. Rumah tersebut banyak meninggalkan bukti fisik kisah kehidupan sang proklamator kemerdekaan Republik Indonesia itu. Selain dua situs bersejarah tersebut, masih banyak kawasan dan bangunan yang mempunyai nilai sejarah yang potensial untuk dilestarikan dan dikembangkan, misalnya situs-situs purbakala, Monumen Hamilton, Monumen Parr, Master House, Makam Inggris dan juga Perkampungan Cina. Aplikasi Game Edukasi Sejarah Kota Bengkulu Menggunakan Algoritma Fisher Yates dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman java dan kotlin.Aplikasi dapat menampilkan sejarah Bengkulu dalam bentuk teks dan video. Pertanyaan yang tampil diacak menggunakan algoritma Fisher Yates.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jukomika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering

Description

Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika (JUKOMIKA) adalah jurnal ilmiah peer-review yang membahas mengenai desain dan implementasi algoritma dalam sebuah perangkat lunak. Selain itu, jurnal ini juga membahas mengenai perangkat lunak yang dikembangkan berbasis robotika, kecerdasan buatan, pengolahan ...