Jurnal Citrakara
Vol 4, No 4 (2022): DESEMBER 2022

VISUAL BRANDING ELEMENT UNIVERSITAS NEGERI MALANG DALAM DESAIN JAKET VARSITY (STUDI KASUS PADA STUDIO DESAIN VISORY)

Yon Ade Lose Hermanto (Universitas Negeri Malang)
Moch. Abdul Rohman (Universitas Negeri Malang)
Habiburrahman Hakim (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Merchandise official Universitas Negeri Malang (UM) kurangdiminati karena sifatnya yang formal, kaku, dan kurang menarikuntuk digunakan di luar kampus. Perancangan ini dibentuk untukmendukung branding UM sekaligus meningkatkan minat civitasUM menggunakan merchandise UM. Merchandise dapat digunakansebagai sarana pendukung branding serta menjadi incomegenerating untuk UM yang kini menyandang status sebagaiPerguruan Tinngi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Perancanganini menggunakan metode perancangan dari Alina Wheeler. Dalamproses perancangan, perancang bekerja melalui studiocreativepreneur perancang yakni Visori sebagai tim perancangan.Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain angket,wawancara dengan tim branding UM, dan observasi. Prosesperancangan dimulai dari pengumpulan data, menentukankebutuhan perancangan, merancang elemen visual kasual untukjaket merchandise, tahap produksi, pengambilan gambar untukpromosi, hingga pemasaran. Hasil dari perancangan ini adalah jaketvarsity dengan elemen visual kasual yang mendukung branding UMyang dapat digunakan secara kasual atau tidak kaku. Produkdiunggah ke Instagram akun @visori.university dan Tokopedia agardapat dibeli oleh konsumen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

citrakara

Publisher

Subject

Arts

Description

Jurnal Citrakara adalah media publikasi mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro yang menyuarakan hasil pemikiran yang berupa perancangan atau pengkajian di bidang advertising, desain grafis, fotografi, audio visual, multimedia, animasi, dan game design. Jurnal ...