cover
Contact Name
Agus Setiawan
Contact Email
agus.setiawan@dsn.dinus.ac.id
Phone
+6285328337343
Journal Mail Official
citrakara@dinus.id
Editorial Address
Jl. Imam Bonjol no 207
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Citrakara
ISSN : -     EISSN : 28077296     DOI : -
Core Subject : Art,
Jurnal Citrakara adalah media publikasi mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro yang menyuarakan hasil pemikiran yang berupa perancangan atau pengkajian di bidang advertising, desain grafis, fotografi, audio visual, multimedia, animasi, dan game design. Jurnal Citrakara bertujuan untuk mengembangkan dan mengkomunikasikan secara luas tentang perkembangan desain komunikasi visual dan multimedia baik secara teoritis maupun pragmatis.
Articles 134 Documents
PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL MIMOZE SEMARANG SEBAGAI BRAND CLOTHING Mohamad Rifki; Siti Hadiati Nugraini
CITRAKARA Vol 1, No 03 (2019): Desember 2019
Publisher : CITRAKARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (803.11 KB)

Abstract

Sebuah brand memerlukan media untuk memasarkan jasa atau produk mereka dalam bentuk visual yang dapat berkomunikasi kepada khalayak salah satunya adalah Mimoze yang merupakan salah satu brand clothing yang berada di kota Semarang. Mimoze melakukan pemasaran melalui media sosial Instagram, namun mengalami penurunan yang sangat signifikan dikarenakan Mimoze belum banyak dikenal untuk dapat bersaing di media sosial Instagram. Tujuan dari perancangan ini agar membantu Mimoze untuk lebih dikenal produknya oleh calon konsumen mereka sehingga dapat meningkatkan pemasaran serta dapat bersaing dengan kompetitor yang ada. Pengumpulan data dilakukan secara kualitatif, sedangkan analisis data menggunakan metode SWOT untuk menghasilkan solusi yang terbaik dan tepat sasaran untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh Mimoze. Dalam perancangan ini, media utama yang dibuat yaitu feed Instagram yang berisi penjelasan tentang produk Mimoze dan desain website serta sebuah poster ambient media agar menarik rasa penasaran target audience. Media pendukung yaitu peralatan yang berguna untuk menambah kesan premium yang ditampilkan oleh brand. Melalui media komunikasi visual yang dirancang diharapkan dapat membantu Mimoze agar lebih dikenal produknya dan menarik minat calon konsumen sehingga dapat meningkatkan pemasaran juga bersaing dengan kompetitor yang ada
KAJIAN ESTETIKA ANARKISME PADA SAMPUL ALBUM-ALBUM AK//47 Bageate Tendi Munte; Tjetjep Rohendi Rohidi
CITRAKARA Vol 3, No 2 (2021): September 2021
Publisher : CITRAKARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1957.648 KB)

Abstract

AK//47 merupakan band beraliran grindcore berasal dari Semarang, Indonesia, yang telah memulai karir bermusik pada tahun 1999. Skena grindcore tidak jauh dari ideologi anarkisme yang melekat pada setiap lirik hingga tampilan visual mereka yang diaplikasikan kedalam bentuk sampul album atau kaus. Kajian ini  membahas seberapa estetik ketiga sampul album AK//47; ‘Barricades Close The Street But Open The Way’, ‘Verba Volant Sripta Manent’, dan ‘Loncati Pagar Berduri’ dari sudut pandang anarkisme. Hasil akhir dari kajian ini adalah menemukan salah satu sampul album AK//47 yang memiliki nilai estetika anarkisme paling tinggi dari album AK//47 lainya. Kesimpulan dari kajian ini dari ketiga sampul album AK//47 memiliki tingkat nilai estetika anarkisme yang berbeda. Sampul album ‘Loncati Pagar Berduri’ memiliki nilai estetika anarkisme lebih daripada kedua sampul album lainya, karena album ketiga terdapat kesan pemberontakan dan kekacauan.
PERANCANGAN COMPANY PROFILE HOTEL SAHID JAYA SOLO Hendika Adi Cantona; Ahmad Akrom
CITRAKARA Vol 1, No 02 (2019): September 2019
Publisher : CITRAKARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.72 KB)

Abstract

Pariwisata menjadi salah satu sektor yang terus berkembang dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, dan salah satu kota dengan tingkat pertumbuhan pariwisata yang cukup tinggi di Jawa Tengah yaitu kota Solo. Sebagai salah satu kota yang telah memiliki berbagai prestasi, kota Solo menjadi daya tarik bagi pelaku usaha dalam bidang penginapan. Hotel Sahid Jaya yang merupakan salah satu hotel tertua di kota Solo memiliki masalah dalam memperkenalkan jasanya kepada konsumen baru berupa wisatawan Kota Solo, sehingga memerlukan Company Profile yang fleksibel dan bersifat luas dalam memperkenalkan serta menarik minat target konsumen agar mampu bersaing dengan kompetitornya,. Dalam perancangan ini menggunakanmetode pendekatan kualitatif melalui pengumpulan data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data kemudian diolah menggunakan metode analisis SWOT yang menghasilkan strategi guna memaksimalkan potensi untuk mengambil peluang yang ada dan menghadapi ancaman. Media utama yang akan digunakan berupa video Company Profile yang akan dipasang di media sosial Youtube, dengan media pendukung poster, brosur, serta merchandise seperti totebag, sapu tangan dan juga gantungan kunci. Hasil yang diperoleh dari perancangan ini adalah media Company Profile yang mampu memperlihatkan keunggulan Hotel Sahid Jaya beserta objek wisata di sekitarnya, melalui konsep yang inspiratif dan segar sehingga mampumenarik wisatawan kota Solo.
DESTINATION BRANDING SENTRA TENUN TROSO SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA BUDAYA Zara Maulidia Hikmah; Siti Hadiati Nugraini
CITRAKARA Vol 3, No 1 (2021): April 2021
Publisher : CITRAKARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.316 KB)

Abstract

Tahun 2010 Desa Troso ditetapkan sebagai Desa Wisata Atraksi Tenun, hal ini dikarenakan potensi yang dimiliki Desa Troso layak dikembangkan menjadi alternatif destinasi wisata pada sektor seni dan budaya. Namun, potensi tersebut belum dikembangkan secara maksimal, sehingga belum menjangkau audience yang luas dan membentuk brand awareness dari masyarakat. Untuk itu diperlukan adanya sebuah konsep destination branding yang dapat mengemas potensi Desa Wisata Budaya Sentra Tenun Troso. Metode penelitian untuk perancangan ini adalah metode kualitatif melalui wawancara, dokumentasi, observasi, studi pustaka dan internet. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode SOAR. Hasil analisis adalah konsep destination branding yang mengemas potensi Sentra Tenun Troso melalui media utama logo, tagline, dan media pendukung seperti, website, social media ads, brosur dan merchandiseTahun 2010 Desa Troso ditetapkan sebagai Desa Wisata Atraksi Tenun, hal ini dikarenakan potensi yang dimiliki Desa Troso layak dikembangkan menjadi alternatif destinasi wisata pada sektor seni dan budaya. Namun, potensi tersebut belum dikembangkan secara maksimal, sehingga belum menjangkau audience yang luas dan membentuk brand awareness dari masyarakat. Untuk itu diperlukan adanya sebuah konsep destination branding yang dapat mengemas potensi Desa Wisata Budaya Sentra Tenun Troso. Metode penelitian untuk perancangan ini adalah metode kualitatif melalui wawancara, dokumentasi, observasi, studi pustaka dan internet. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode SOAR. Hasil analisis adalah konsep destination branding yang mengemas potensi Sentra Tenun Troso melalui media utama logo, tagline, dan media pendukung seperti, website, social media ads, brosur dan merchandise.
Manifestasi Citra Produk Aqua Reflection dalam Desain Kemasan Karya Sebastian Gunawan Atif Akbar Prakoso Hartono; Bernardus Andang Prasetya Adiwibawa
CITRAKARA Vol 1, No 01 (2019): April 2019
Publisher : CITRAKARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (987.088 KB)

Abstract

AbstrakManifestasi Citra Produk Aqua Reflections dalam Desain Kemasan Karya Sebastian Gunawan, merupakan penelitian yang mendeskripsikan tentang adanya peleburan citra yang terdapat dalam kemasan desain spesia Aqua Reflections dari perusahaan Danone Aqua. Objek penelitian merupakan desain kemasan dari botol Aqua Reflections still dan sparkling yang didesain oleh Sebastian Gunawan yang merupakan fashion desainer ternama yang di miliki oleh indonesia dan telah nempunyai nama didunia internasional. Penelitian ini menggunakan teori retorika visual dari Sonja K.Foos dan teori generator of form dari Brayn Lowson, dengan teori tersebut akan dilakukan analisis yang tertuju pada objek penelitian untuk dapat mengetahui tentang aksi simbolik, intevensi manusia, dan keterlibatan audiens dalam pembentukan citra dari Aqua Reflections. Lalu menggunakan batasan radikal, batasan praktis, batasan simbolik dan batasan formal untuk dapat melihat visualisasi desain yang dilakukan Sebastian Gunawan dalam desain kemasan Aqua Reflections. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa dalam kemasan Aqua Reflections edisi spesial terdapat manifestasi dari dua citra yang ditampilkan melalui produk dan ilustrasi desain dalam kemasannya. Lalu untuk dapat menghasilkan visualisasi desain kemasan dengan citra Aqua Reflections, terdapat pelanggaran batasan formal dalam Generator of form untuk menghasilkan kemasan produk menjadi sesuatu yang simbolik.Kata kunci: Aqua Reflections, Citra, Kemasan, Retorika Visual, Sebastian Gunawan AbstractThe Manifestation of Aqua reflection`s Product by Sebastian Gunawan. is research that describes the fusion of images contained in the design package of the Aqua Reflections from the Danone Aqua company. The object of the research is the packaging design of Aqua Reflections still and sparkling bottles designed by Sebastian Gunawan, which is a well-known fashion designer that is owned by Indonesia and has international names. This research uses Sonja K. Foos's theory of visual rhetoric and Brayn Lowson's theory of generator of form, with the theory that analysis will be directed at the object of research to be able to find out about symbolic action, human intervention, and audience involvement in the formation of Aqua Reflections. Then using radical constraints, practical constraints, symbolic constraints and formal constraints to be able to see the visualization of design by Sebastian Gunawan in Aqua Reflections packaging design. The results of the research have concluded that in the special edition Aqua Reflections there are manifestations of two images displayed through the product and design illustrations in the packaging. Then to be able to produce a packaging design visualization with the Aqua Reflections image, there is a formal violation of the generator of form to produce product packaging into something symbolic. Keywords: Aqua Reflections, Image, Packaging, Visual Rhetoric, Sebastian Gunawan
REDESAIN WEBSITE VISIT JAWA TENGAH Wiem Khalifa Zahra; Auria Farantika Yogananti
CITRAKARA Vol 2, No 2 (2020): September 2020
Publisher : CITRAKARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.513 KB)

Abstract

Sektor Pariwisata Jawa Tengah mempunyai website pemasaranwisata untuk menarik banyak wisatawan berkunjung ke JawaTengah, yaitu visitjawatengah.jatengprov.go.id yang dikelolaoleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi JawaTengah, namun website ini tidak optimal, membuatnya tidakmuncul di halaman pertama pencarian Google dengan kata kunci“Pariwisata Jawa Tengah” sejak 2018. Hal ini didukung denganpernyataan Bapak Ganjar Pranowo sebagai Gubernur JawaTengah bahwa website tersebut terlihat kurang informatif, kurangkomunikatif, dan kaku, sehingga dapat disimpulkan perlu adanyadesain ulang untuk website Visit Jawa Tengah untuk menariklebih banyak pengunjung website. Pengumpulan data melaluimetode kuantitatif dengan beberapa responden untuk mencarifrekuensi dan presentase tanggapan mereka, juga melalui metodekualitatif dengan wawancara beberapa staff dinas terkait, lalu datatersebut dianalisis dengan teori 5W1H. Dari pengumpulan datatersebut, didapatkan kesimpulan bahwa website Visit JawaTengah perlu memperbaiki user interface website dan beberapaelemen, yaitu tata letak konten foto, penambahan tampilan artikelterpopuler, Google Maps, jumlah pengunjung website, dan layoutwebsite secara umum. Adanya desain ulang website Visit JawaTengah ini dilakukan agar menjadi lebih informatif dankomunikatif, sehingga lebih menarik dan lebih ramah pengguna
Perancangan Ulang Identitas Visual Desa Wisata Tempur di Jepara sebagai Bagian dari Destination Branding Muhammad Khusni Muzzamil; Toto Haryadi
CITRAKARA Vol 4, No 1 (2022): APRIL 2022
Publisher : CITRAKARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1464.381 KB)

Abstract

Identitas visual merupakan hal penting dalam proses pengenalan suatu brand agar dapat diterima oleh target audience dan diperoleh tujuan yang diinginkan. Perancangan Ulang Identitas Visual Desa Wisata Tempur di Jepara adalah bagian dari branding tempat yang berciri khas sehingga mudah diterima oleh target audience. Desa Wisata Tempur merupakan sebuah desa yang memiliki wisata alam, sejarah, kehidupan sosial budaya serta produk unggulan yang sedang dikembangkan sehingga diharapkan memberi manfaat bagi pengelola dan masyarakat sekitar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, pengenalan Desa Wisata Tempur masih berupa word of mouth dan sosial media pribadi wisatawan yang telah berkunjung, selain itu logo desa wisata belum menampilkan visual yang khas dari Desa Wisata Tempur. Kondisi ini dirasa kurang efektif sehingga perlu adanya perancangan ulang untuk membangun kesadaran brand dari branding tempat Desa Wisata Tempur.
PERANCANGAN VISUAL BRANDING BASIC PHOTOGRAPHY DI KOTA SEMARANG Johannes Albert Parjuangan Nababan; Abi Senoprabowo
CITRAKARA Vol 2, No 01 (2020): April 2020
Publisher : CITRAKARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.742 KB)

Abstract

Penyedia jasa dokumentasi wedding di Indonesia sangat banyak, khususnya di kota Semarang, membuat persaingan bisnis semakin ketat. Namun, banyak penyedia jasa itu belum mempertimbangkan pentingnya logo dalam mewakili citra perusahaan, salah satunya adalah Basic Photography yang meski sudah memiliki logo, akan tetapi pengaplikasian logonya masih berubah-ubah sehingga dapat mempengaruhi brand image perusahaan. Perancangan visual branding Basic Photography dilakukan dengan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis data menggunakan SWOT dalam merancang visual branding Basic Photography. Konsep perancangan ini berupa monoline yang menggunakan teknik golden ratio untuk menghasilkan logo yang geometris, dan memasukkan elemen visual bunga dan diafragma lensa untuk mewakili citra perusahaan. Logo dirancang bergaya modern dan minimalist, serta warna emas untuk pesan elegan pada logogram dan warna hitam pada logotype agar terkesan tegas dan berani.
PERANCANGAN APLIKASI PERPUSTAKAAN ANAK “SOLIT” BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA LITERASI DIGITAL Aura Ramadhani; Godham Eko Saputro
CITRAKARA Vol 3, No 2 (2021): September 2021
Publisher : CITRAKARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.93 KB)

Abstract

Tingkat literasi anak di Indonesia masih berada di tingkat yang rendah, sehingga pemerintah menciptakan Gerakan Literasi Nasional (GLN). Perpustakaan menjadi salah satu sarana yang di unggulkan pemerintah dalam mendukung gerakan, namun terdapat beberapa faktor yang menghambat akses terhadap perpustakaan. Oleh karena itu, perpustakaan membutuhkan perancangan yang dapat menumbuhkan minat literasi terhadap anak dan mudah diakses oleh masyarakat. Penelitian untuk perancangan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif, yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka, dan kuisioner. Analisis data menggunakan metode 5W+1H dan kebutuhan, kemudian pengembangan media menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Perancangan ini menghasilkan aplikasi perpustakaan anak berbasis android ‘SOLIT’ untuk meningkatkan minat literasi anak dan mudah diakses masyarakat.
PERANCANGAN MEDIA PROMOSI WISATA PULAU TIBAN DI KABUPATEN KENDAL Ilham Teguh Indrianto; Annas Marzuki Sulaiman
CITRAKARA Vol 1, No 03 (2019): Desember 2019
Publisher : CITRAKARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2061.612 KB)

Abstract

Pulau Tiban merupakan wisata pesisir yang menarik karena keindahanya, terletak di desa Kartika Jaya kecamatan Patebon Kabupaten Kendal dan dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata Kartika Jaya. Pada tahun 2017 terjadi abrasi besar yang mengakibatkan rusaknya fasilitas dan bentuk pulau, hal tersebut mengakibatkan menurunnya jumlah pengunjung sampai hampir 90%. Tujuan perancangan ini adalah Merancang media komunikasi visual promosi wisata Pulau Tiban yang efektif, efisien, dan memiliki konsep kreatif agar dapat menarik perhatian dan meningkatkan jumlah pengunjung datang berwisata. Menggunakan metode kualitatif dan analisis SWOT agar dapat menemukan strategi kreatif yang sesuai. Perancangan ini menggunakan promosi persuasif melalui online maupun media cetak agar tepat sasaran serta meyakinkan audiens untuk datang berwisata. Penggunaan media utama promosi berupa feed instagram tentang Pulau Tiban dan media pendukung berupa poster, baliho, umbul umbul, brosur, tiket, dan stiker.

Page 1 of 14 | Total Record : 134