Jurnal Indonesia Sosial Teknologi
Vol. 3 No. 03 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi

Pengaruh Team Based Learning Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pada Matakuliah Akuntansi Keuangan Lanjutan I

Cyntia Carolina (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci Jambi, Indonesia)
Yolla Ramadani (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2022

Abstract

Akuntansi sering diartikan terlalu sempit sebagai proses pencatatan teknis dan prosedural daripada alat intelektual yang melibatkan penalaran dalam penciptaan prinsip, prosedur, teknik dan metode tertentu, sehingga akuntansi adalah disiplin ilmu yang membutuhkan penalaran untuk memahami kursus. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Team-Based-Learning (TBL) terhadap prestasi akademik mahasiswa yang dilakukan dengan desain eksperimen semu. subjek penelitian ini adalah mahasiswa Akuntansi di STIE SAK pada matakuliah Akuntansi Keuangan Lanjutan I dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling, prestasi akademik diukur melalui hasil Pretest dan Ujian Tengah Semester dengan membandingkan kelas team based learning dengan kelas tanpa kelompok belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prestasi akademik kelas yang menggunakan metode team-based-learning lebih unggul dibandingkan kelas yang menerapkan metode pembelajaran mandiri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jist

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Indonesia Sosial Teknologi is a peer-reviewed academic journal and open access to social (Education, Economic, Law, Comunication, Management and Humaniora) and Technology . The journal is published monthly once by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi provides a means for ...