Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 1 No 1 (2022): Juli

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI PENERAPAN STRATEGI MENULIS TERBIMBING PADA MATERI BASMALAH DAN Q.S AL FATIHAH DI SDN GRONG-GRONG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Khairul Bariah (SDN Grong-grong Kabupaten Pidie)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2022

Abstract

Permasalahan Guru kelas II tidak mampu menggunakan strategi yang tepat dalam proses pembelajaran menulis. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran menulis, termasuk menulis bisa diatasi dengan penggunaan strategi yang tepat. Salah satu di antara strategi yang dapat digunakan untuk membantu siswa mengatasi kendala-kendala dalam menulis adalah Strategi Menulis Terbimbing. Strategi yang diterapkan mampu membimbing dan mengarahkan siswa untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapinya dalam menulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, Hasil penelitian adalah Metode menulis terbimbing dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas II, ketuntasan individual rata-rata siswa pada siklus I 73, atau 22 siswa yang tuntas dari 37 siswa (tuntas 59%) sedangkan pada siklus II ketuntasan meningkat menjadi nilai rata-rata 79 atau 29 siswa yang tuntas dari 37 siswa (tuntas 78%). Kendala yang dihadapi siswa dalam penerapan metode menulis terbimbing karangan argumentasi adalah membangun keberanian siswa dalam menyampaikan argumentasinya dan merangkainya menjadi sebuah karangan argumentatif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Jurpen

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The Journal of Education and Teaching publishes research articles, case reports, and review articles covering the following topics: Early Childhood Education. Basic education Mathematics and Science Education. Guidance and Counseling Education. Education technology. Character building. Special Needs ...