Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Pante Garot pada pembelajaran PKN Materi peristiwa sumpah pemuda melalui metode Examples Non Examples. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (class room action research). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Pante Garot yang berjumlah 20 orang. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: melalui penggunaan metode Examples Non Examples dalam penelitian tindakan kelas pada SDN Pante Garot sudah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran PKN, khususnya materi peristiwa sumpah pemuda. Sebelum dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Melalui Pembelajaran Konstruktivisme nilai siswa adalah 48,54. Pada siklus I hasil evaluasi siswa mendapatkan nilai rata-rata pada pertemuan ke 1 adalah58,96, dan pada pertemuan ke 2 64,38. Sedangkan pada siklus II terus meningkat menjadi rata-ratanya 70,42 pada pertemuan ke 1 dan 79,17 pada pertemuan ke 2. Dari penelitian tersebut terjadi peningkatan ketuntasan belajar cukup besar dari siklus I ke siklus II sebesar karena ketuntasan pada siklus I hanya 70,83%, akan tetapi pada siklus II mencapai 100%, berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa dan aktifitas proses pembelajaran para peserta didik setelah dilakukan penelitian tindakan kelas.
Copyrights © 2022