Pengembangan bahan ajar digital dilakukan sebagai upaya untuk menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran dengan menghasilkan bahan ajar digital pada mata kuliah Evaluasi Progam. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk produk bahan ajar digital pada mata kuliah Evaluasi Program, mengetahui kepraktisan sehingga bahan ajar digital cocok dengan karakteristik praktikalitas media dan materi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ASSURE. Uji kelayakan dilakukan oleh tiga orang.validator yang terdiri dari dua validator media dan satu validator materi. Uji coba produk dilaksanakan kepada 30 orang mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNP. Menurut hasil uji validasi dari validator media dan materi disimpulkan bahwa hasil penilaian dikategorikan “sangat layak” untuk digunakan dengan jumlah penilaian dari validator I yaitu mendapatkan rata-rata 4,7 dan validator II mendapatkan rata-rata 4,82. Sedangkan hasil penilaian ahli materi dikategorikan “sangat sesuai” dengan rata- rata 4,88. Hasil uji praktikalitas berada pada kategori “praktis” dengan hasil penilaian rata-rata 4,06.
Copyrights © 2023