Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan
Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan

Urgensi Pengelolaan Keluarga sebagai Madrasatul’ula dalam Meminimalisir Dekadensi Moral Generasi Muda Masa Kini

Rohmat Khanif (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, Indonesia)
Muslimah Muslimah (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, Indonesia)
Ahmadi (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana keluarga memerankan fungsionalnya sebagai madrasatul’ula untuk meminimalisir dekadensi moral yang dilakukan anak muda sekarang. Dikaji menggunakan metode penelitian library risert. Dilakukan dengan cara mengumpulkan dan mengelompokkan referensi yang berasal dari buku, jurnal, Al-Quran dan hadis, peraturan dan kamus yang berkenaan dengan urgensi keluarga sebagai madrasatul’ula akhlak anak muda. Selanjutnya, menelaah, membandingkan untuk mencari perbedaan dan persamaannya, sampai mendapatkan temuan baru hasil penelitian. Temuan penelitian ini menguatkan pernyataan bahwa generasi muda merupakan generasi penerus, penyambung, serta pembaharu dalam memajukan bangsa dan agama, karenanya wajib dioptimalkan dan diberdayakan oleh bangsa mulai dari masing-masing keluarga melalui pendidikan bahkan sejak awalnya. Fungsionalisasi keluarga sebagai madrasatul’ula merupakan tanggung jawab besar yang dipikul di dunia agar generasinya terhindar dari hal-hal yang negatif bahkan sampai akhirat agar generasinya selamat. Semuanya dapat dilakukan melalui pengelolaan dari peran dan kedudukan keluarga sebagai madrasatul’ula yang sesuai dengan ajaran agama Islam, agar tercipta generasi yang hahif, shaleh dan shalehah. Kata Kunci: Pengelolaan Keluarga, Madrasatul’ula, Dekadensi Moral

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Education, which covers textual and fieldwork investigation with various perspectives of Islamic Education, Education Policy, Learning ...