Jurnal Komunikasi Global
Vol 9, No 2 (2020)

Struktur Jaringan Pengguna Twitter dengan Tagar #Bandunglawancovid19

Gema Nusantara Bakry (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Pandemi Covid-19 mengubah kebiasaan masyarakat dalam berinteraksi sosial secara tatap muka menjadi online. Di masa pandemi penggunaan berbagai platform media sosial menjadi pilihan bagi masyarakat, salah satunya Twitter. Penelitian ini bertujuan untuk memvisualisasikan struktur dan tipe jaringan dalam percakapan di Twitter yang menggunakan tagar #Bandunglawancovid19. Metode yang digunakan analisis jaringan sosial dengan observasi partisipan di Twitter. Hasil penelitian ini menggambarkan berbagai struktur dan tipe jaringan yang terbentuk berdasarkan tagar #Bandunglawancovid19. Dalam jaringan ini terdapat empat komponen utama yang memiliki anggota komponen masing-masing. Aktor @humasBdg memiliki relasi terbanyak dengan 113 relasi di antara aktor yang lain. Selain itu, terdapat 13 aktor yang menjadi penghubung antara jaringan utama dengan jaringan lainnya. Sedangkan tipe jaringan yang terbentuk adalah dua tipe (two mode) dan pola komunikasi roda dengan arah hubungan asimetris. Melalui visualisasikan jaringan komunikasi, penelitian ini menunjukkan bahwa penyampaian pesan yang efektif di media sosial dapat dilakukan oleh beberapa aktor sebagaimana yang ditemukan dalam penelitian ini. The Covid-19 pandemic has changed the way people communicate, moving from face-to-face to online interaction. During the pandemic, the use of various social media platforms is an option for the public, including Twitter. This study aims to visualize the structure and type of network in conversations on Twitter using the hashtag #Bandunglawancovid19. The method used was social network analysis with participant observation on Twitter. The results of this study found described various structures and types of networks based on the hashtag Bandunglawancovid19. In this network, there were four main components which have their respective component members. Actor @humasBdg has the most relationships with 113 relationships among other actors. In addition, there were 13 actors who connected the main network with other networks. The type of network formed was two modes and a radial communication network with an asymmetrical relationship. By visualizing the communication network, this study has revealed that effective delivery of messages on social media can be done by several actors, as found in this study.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JKG

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Komunikasi Global (JKG) is a peer-reviewed journal organized and published by the Department of Communication Studies, Faculty of Social and Political Sciences (FISIP), Syiah Kuala University. JKG publishes research and review articles promoting various approaches in the field of ...