Jurnal Intek Akuakultur
Vol. 4 No. 1 (2020): Intek Akuakultur

Peningkatan Kualitas Nutrien Pakan Berprotein Rendah Dengan Penambahan Tepung Ikan Lokal Terhadap Pertumbuhan Ikan Kerapu Cantang (Epinephelus fuscoguttatus >< Epinephelus lanceolatus)

Shavika Miranti (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pakan buatan berprotein rendah yang sudah komersil dan murah untuk di-repelleting dengan penambahan tepung ikan tamban/lemuru sehingga nutriennya menjadi lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi ikan kerapu cantang. Pada penelitian ini dilakukan substitusi dengan menambahkan tepung ikan tamban/lemuru sebanyak 10%, 20%, dan 30% per kg pakan berprotein rendah untuk di-repelleting. Pakan hasil repelleting tersebut diujikan pada kerapu cantang ukuran 8±0.5 cm yang dipeliharan pada bubu plastik modifikasi berdiameter 60 cm. Pengaruh pakan terhadap pertumbuhan ikan diukur melalui parameter laju pertumbuhan harian, rasio konversi pakan dan tingkat kelangsungan hidup. Pakan repelleting yang memberikan pertumbuhan terbaik akan diuji proksimat dan hasilnya dapat digunakan pada kemasan produk pakan repelleting. Hasil penelitian menunjukkan pakan dengan subtitusi tepung tulang ikan sebanyak 30% memberikan pertumbuhan yang terbaik pada ikan kerapu cantang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

intek

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology

Description

The scope of Intek Aquaculture Journal include System and Technology, Biotechnology, Nutrition and Feed, Fish Health Management, Water Quality Management , Reproduction and Genetics in the field of ...