Borneo Journal of Islamic Education
Vol 1 No 1 (2021): Borneo Journal of Islamic Education, 1 (1), Mei 2021

Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Tingkat Pemahaman Pendidikan Agama Islam (Pai) Peserta Didik Kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi (SMK TI) Labbaika Samarinda

Ngisti, Abem (Unknown)
Musfiroh, Imroh Atul (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2021

Abstract

Dalam proses komunikasi pembelajaran disekolah sering timbul pemahaman berbeda yang diserap oleh peserta didik. Hal ini disebabkan adanya kecenderungan komunikasi verbalisme, ketidak siapan peserta didik sehingga tidak fokus terhadap materi pembelajaran yang disampaikan guru. Untuk itu dalam pembelajaran guru perlu menyampaikan materi dengan cara yang menarik yaitu menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media power point terhadap tingkat pemahaman peserta didik dan seberapa besar signifikansi penggunaan media power point dalam tingkat pemahaman. Dalam artikel ini peneliti menggunakan penelitian kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas X SMK TI Labbaika berjumlah 110 peserta didik, dan metode yang digunakan adalah random sampling. Teknik uji validitas data menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas data menggunakan rumus cronback alpha. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan hipotesis di uji menggunakan rumus uji “t”. Berdasarkan hasil korelasi product moment secara manual dengan bantuan MS Excel 2010 diperoleh angka sebesar 0,294 angka tersebut berada dalam interval antara nilai 0,20-0,399 berdasarkan skala interpretasi, angka tersebut berarti “rendah” sehingga peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan media power point terhadap tingkat pemahaman Pendidikan Agama Islam di SMK TI Labbaika Samarinda dengan pengaruh yang rendah yaitu sebesar 0,294.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bjie

Publisher

Subject

Arts Chemistry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Borneo Journal of Islamic Education (e-2775-6548) is the Journal published by Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda, Indonesia. It is a peer-reviewed open access journal in the fields of Islamic Education. The publication of an article in Borneo Journal of Islamic Education is ...