BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal
Vol 1 No 2 (2022): Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, July 2022

Penerapan Metode Bermain dalam Menstimulasi Kemampuan Sosial

Amalia Nur Aini (UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)
Marniati Kadir (UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)
Masliyana Masliyana (UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode bermain dalam menstimulasi kemampuan sosial anak kelompok B. Jenis metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini berkaitan dengan penerapan metode bermain yang dilakukan guru dalam menstimulasi kemampuan sosial anak yakni pelaksanaan pembelajaran melalui metode bermain dilaksanakan sesuai dengan RPPH yang telah dibuat guru. Langkah-langkah pelaksanaan metode bermain dimulai dari persiapan, pelaksanaan hingga penutup yang menghubungkan pengalaman bermain anak dengan kehidupan sehari-hari agar empat indikator kemampuan sosial anak yakni bersikap koperatif, bertanggung jawab, menunjukkan sikap empati dan saling menghargai anak berkembang sangat baik melalui metode bermain game level up, bermain peran, mencari gambar dan bermain kertas. Adapun faktor pendukung dari penerapan metode bermain ini yakni sarana dan prasarana yang disediakan sekolah. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya yakni dari sikap anak yang suka bercanda mengakibatkan ketidak tertiban dalam proses kegiatan bermain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bocah

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal (Online ISSN: 2807-7857; Print ISSN: 2807-9078) is an Early Childhood Journal published by Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda, Indonesia. It is a peer-reviewed open access journal in the fields of Early Childhood. ...