cover
Contact Name
Wildan Saugi
Contact Email
jurnalbocah@gmail.com
Phone
+6285327984670
Journal Mail Official
jurnalbocah@gmail.com
Editorial Address
Jl. H. A. M. Rifaddin, Harapan Baru, Kec. Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75251
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal
ISSN : 28079078     EISSN : 28077857     DOI : https://doi.org/10.21093/bocah
BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal (Online ISSN: 2807-7857; Print ISSN: 2807-9078) is an Early Childhood Journal published by Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda, Indonesia. It is a peer-reviewed open access journal in the fields of Early Childhood. The publication of an article in Bocah: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal is an essential building block in the development of a respected network of knowledge. It is a direct reflection of the quality of the work of the authors and the institutions that support them. Peer-reviewed articles support and embody the scientific method. It is important to agree upon standards of expected ethical behavior for all parties involved in the act of publishing: the author, the journal editors, the peer reviewers, and the publisher.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 21 Documents
Pengembangan Perilaku Agama dan Moral Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid 19 Lina Revilla Malik; Wildan Saugi; Nurlina Nurlina
BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal Vol 1 No 1 (2022): Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, January 2022
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of IAIN Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.525 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penanaman nilai – nilai agama dan moral pada anak usia dini di TK Al Munawwarah Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B usia 5-6 tahun yang berjumlah 13 anak, 8 laki-laki dan 5 perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan model interaktif yang terdiri dari tiga hal utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan nilai-nilai karakter dan keteladanan diantaranya melafazkan do’a-do’a pilihan, hadist-hadist pilihan, praktek wudhu dan praktek sholat dhuha berjamaah, mengucap salam dan salim, meminta maaf, meminta tolong, mengucapkan terima kasih, berdo’a sebelum dan sesudah makan, membuang sampah pada tempatnya, hidup bersih, disiplin belajar, pembiasaan ini terus menerus dan berkelanjutan pada anak setiap saat, setiap hari, dan terus menerus, dan mampu melatih anak berkarakter baik. Adapun faktor yang menjadi pendukung dalam penanaman nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini TK Al Munawwarah Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara adalah faktor kerja sama antara guru dan orang tua dan pengetahuan dari guru dan orang tua. Sedangkan faktor penghambat meliputi mood anak yang berubah, faktor lingkungan, serta sarana prasarana yang minim.
Implementasi Kegiatan Kolase dalam Menstimulasi Perkembangan Anak Nurwati Nurwati; Ahmad Riyadi; Indah Tri Cahyani
BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal Vol 1 No 1 (2022): Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, January 2022
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of IAIN Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.005 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kegiatan kolase dalam menstimulus perkembangan anak dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan kegiatan kolase di di TK Purnama Loa Janan Ulu Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas B2B, guru kelas B3B serta anak-anak Tk Purnama Loa Janan Samarinda. Hasil penelitian dalam kegiatan kolase memiliki langkah-langkah sebagai berikut, pertama yaitu perencanaan, guru mempersiapkan RPPH, media, lembar catatan anekdot dan lembar ceklist perkembangan anak. Kedua yaitu pelaksanaan, guru mulai memberikan media kepada anak, arahan kepada anak dalam melakukan kegiatan kolase mulai dari langkah-langkahnya hingga saat akhir menyelesaikan kegiatan kolase. Ketiga evaluasi, anak bisa mengkomunikasikan kegiatan yang telah dilakukan, terampil menggunakan tangan kanan dan kiri nya, menghitung warna yang telah ditempel, mengelompokkan sobekan kertas origami, memahami bahasa reseptif, mengikuti aturan kelas, menampilkan hasil karya, menempel dengan menggunakan media kapas. Faktor-faktor pendukung dalam kegiatan kolase adalah Anak bebas berimajinasi, memiliki rasa percaya diri, adanya sarana dan prasarana serta penguasaan guru tehadap materi yang akan disampaikan. Sedangkan, faktor-faktor penghambatnya yaitu kondisi anak, seperti kegiatan pembelajaran yang mudah dan anak cepat bosan, persiapan yang tidak matang dan waktu yang terbatas.
Peningkatan Pengenalan Bentuk Geometri Melalui Puzzle Geometri Rafipah Rafipah; Bahrani Bahrani; Marniati Kadir
BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal Vol 1 No 1 (2022): Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, January 2022
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of IAIN Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.06 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengenalan bentuk geometri melalui puzzle geometri pada anak kelompok B KB Cahaya Desa Tanah Datar Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan 2 siklus dengan 2 kali tindakan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan observer, metode pengumpulan data meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri di kumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan awal bahwa kemampuan anak mengenal bentuk geometri masih rendah. Pada penelitian prasiklus sesuai data yang sudah ada sebelum menerapkan kegiatan diperoleh hasil 17,8% dengan kriteria belum berkembang (BB), kemudian dilakukan tindakan diperoleh hasil pada siklus I dalam 2 kali pertemuan dengan persentase 38,7% dengan kriteria mulai berkembang (MB) dan belum memperoleh hasil yang maksimal, sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus ke II dalam 2 kali pertemuan memperoleh hasil dengan persentase 81% berada pada kriteria berkembang sangat baik (BSB) dan telah mencapai kriteria yang ditetapkan oleh nilai ketuntasan di sekolah. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media puzzle geometri dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada kelompok B KB Cahaya desa Tanah Datar kecamatan Muara Badak kabupaten Kutai Kartanegara.
Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting Sunanik Sunanik; Robingatin Robingatin; Mia Aspita Hamdian
BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal Vol 1 No 1 (2022): Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, January 2022
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of IAIN Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.858 KB)

Abstract

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan ditemukan berbagai macam kegiatan yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan anak, salah satunya adalah kegiatan Finger Painting. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini kegiatan Finger Painting bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak di KB Matahari Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), lokasi penelitian di KB Matahari Kecamatan Muara Badak. Peserta didik berjumlah 12 orang dengan 5 orang anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian dilakukan 2 siklus dengan 3 kali pertemuan. Kegiatan Finger Painting dengan indikator yaitu Kelentukan Jari - Jemari, Menuang Cat Warna Ketempat Penampung (wadah, mangkuk), Keluwesan gerak Jari Tangan anak mencampurkan Cat Warna. Sebelum dilakukan tindakan, kemampuan anak masih 20%. Setelah dilakukan tindakan, kemampuan anak mulai meningkat pada siklus 1 kemampuan anak menjadi 54% dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH), dan pada siklus 2 kemampuan Finger Painting anak meningkat menjadi 86% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Pada siklus 2 sudah mencapai kriteria yang ditetapkan yaitu berkembang sangat baik (BSB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan Finger Painting, kemampuan motorik halus anak di KB Matahari Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara dapat ditingkatkan.
Peningkatan Kemampuan Menggabungkan Suku Kata Melalui Permainan Media Kartu Suku Kata Bergambar Sesmiyati Sesmiyati; Zamroni Zamroni; Juhairiah Juhairiah
BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal Vol 1 No 1 (2022): Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, January 2022
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of IAIN Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (906.948 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menggabungkan suku kata anak di Kelompok Bermain Bina Ilmu Muara Badak Kutai Kartanegara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data meningkatkan kemampuan menggabungkan suku kata dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh pada indikator penilaian dalam menyebutkan suku kata, menggabungkan suku kata membentuk kata, dan menghubungkan gambar dengan kata adalah sebelum dilakukan tindakan kemampuan anak masih memperoleh nilai ketuntasan dengan persentase 25 % pada kriteria belum berkembang (BB). Setelah dilakukan tindakan perkembangan anak mulai meningkat yakni pada siklus I perkembangan menggabungkan suku kata anak menjadi 53% pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus II perkembangan menggabungkan suku kata anak meningkat menjadi 76% pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Persentase ketuntasan hasil belajar anak yang peneliti targetkan adalah 70% dan hasil persentase dari penelitian adalah 76%, dengan demikian penelitian ini dikatakan berhasil. Dari hasil yang didapat tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain melalui media kartu suku kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan menggabungkan suku kata pada anak Kelompok B di Kelompok Bermain Bina Ilmu Muara Badak Kutai Kartanegara.
Penerapan Metode Bermain dalam Menstimulasi Kemampuan Sosial Amalia Nur Aini; Marniati Kadir; Masliyana Masliyana
BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal Vol 1 No 2 (2022): Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, July 2022
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of IAIN Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.921 KB) | DOI: 10.21093/bocah.v1i2.4880

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode bermain dalam menstimulasi kemampuan sosial anak kelompok B. Jenis metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini berkaitan dengan penerapan metode bermain yang dilakukan guru dalam menstimulasi kemampuan sosial anak yakni pelaksanaan pembelajaran melalui metode bermain dilaksanakan sesuai dengan RPPH yang telah dibuat guru. Langkah-langkah pelaksanaan metode bermain dimulai dari persiapan, pelaksanaan hingga penutup yang menghubungkan pengalaman bermain anak dengan kehidupan sehari-hari agar empat indikator kemampuan sosial anak yakni bersikap koperatif, bertanggung jawab, menunjukkan sikap empati dan saling menghargai anak berkembang sangat baik melalui metode bermain game level up, bermain peran, mencari gambar dan bermain kertas. Adapun faktor pendukung dari penerapan metode bermain ini yakni sarana dan prasarana yang disediakan sekolah. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya yakni dari sikap anak yang suka bercanda mengakibatkan ketidak tertiban dalam proses kegiatan bermain.
Implementasi Permainan Tradisional dalam Menstimulus Kemampuan Sosial Lina Revilla Malik; Wildan Saugi; Reza Montika
BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal Vol 1 No 2 (2022): Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, July 2022
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of IAIN Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.773 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi permainan tradisional dalam menstimulus kemampuan sosial pada anak kelompok B di TK Melati 2 Samboja serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian implementasi permainan tradisional dalam menstimulus kemampuan sosial pada anak kelompok B di TK Melati 2 Samboja dilakukan melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada perencanaan, guru mempersiapkan RPPM, pijakan sebelum bermain dengan menyampaikan langkah-langkah sebelum bermain seperti menyampaikan kesepakatan terkait cara memilih permainan dan kelompok bermain. Pada pelaksanaan guru melakukan penerapan permainan tradisional secara berkelompok, guru juga melakukan beberapa permainan seperti ular naga, bakiak, dan engklek/asinan. Pada evaluasi guru melakukan penilaian ceklist terhadap anak. Pada faktor penghambat yaitu dimana saat permainan dijadwalkan beberapa murid tidak hadir dan faktor pendukung yaitu alat bermain yang digunakan sangat mudah didapat dan permainan yang dilakukan juga menyenangkan sehingga mudah diterima anak.
Implementasi Permainan Seriasi dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Mujahidah Mujahidah; Nurwati Nurwati; Rina Rina
BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal Vol 1 No 2 (2022): Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, July 2022
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of IAIN Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.206 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi permainan seriasi dalam mengembangkan kemampuan matematika anak kelompok usia 5-6 tahun di TK labbaika, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomonologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang dilakukan antara lain: Perencanaan yang meliputi guru mempersiapkan RPPM untuk digunakan selama pandemi Covid-19. Selama periode tersebut, guru tidak menggunakan RPPH melainkan hanya menggunakan RPPM, dan untuk penilaian tetap menggunakan penilaian harian untuk penjelasan atau langkah-langkah kegiatan diterangkan kedalam lembar pemberitahuan seperti surat cinta untuk Ayah/Bunda, guru mempersiapkan alat dan bahan. Kedua pelaksanaan, yaitu menjelaskan kepada anak terkait langkah-langkah permainan seriasi dalam mengembangkan kemampuan matematika anak dilakukan dengan menggunakan media yang sangat beragam bisa berupa media dari benda-benda konkrit atau nyata, seperti potongan ranting pohon, bunga sepatu, botol minum dan lain-lain dan. Ketiga evaluasi, hasil pembelajaran dilakukan dengan dimana guru menilai perkembangan anak dengan mengajukan pertanyaan tentang kesulitan yang dihadapi anak selama permainan seriasi. Keempat faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung yaitu sarana prasarana dan fasilitator sedangkan faktor penghambat adalah keadaan anak didik.
Penerapan Kegiatan Finger painting pada Kemampuan Motorik Halus Robingatin Robingatin; Siti Nor Asiah; Rizky Febriani
BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal Vol 1 No 2 (2022): Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, July 2022
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of IAIN Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.459 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan finger painting pada kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Labbaika samarinda seberang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melukis dengan jari yaitu finger painting telah dilakukan guru dengan sangat baik. Finger panting ini mampu mengasah otot jari tangan anak sehingga gerakan jarinya mampu menghasilkan karya. Pelaksanaan kegiatan dilakukan sistem offline dengan metode belajar sambil bermain dan berskala kelompok dalam kelompok. Pada tahapan kegiatan anak sudah mampu bermain finger painting dengan sangat baik. Guru harus memiliki kemampuan berkreativitas dan berwawasan luas untuk menstimulus aspek perkembangan motorik halusnya baik pada kegiatan finger painting. Tindak lanjut yang dilakukan guru diantaranya menanyakan perasaan anak, memberi kesempatan kepada anak mengekspresikan dirinya serta mengevaluasi kekurangan dan kendala yang dihadapi guru dilapangan.
Implementasi Permainan Kartu Kata dalam Menstimulasi Kemampuan Keaksaraan Awal Sunanik Sunanik; Juhairiah Juhairiah; Wahyu Purnama Sari
BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal Vol 1 No 2 (2022): Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, July 2022
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of IAIN Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.348 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Implementasi Permainan Kartu Kata Dalam Menstimulasi Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Pada Kelompok B. Peneliti menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari kepala sekolah dan guru kelas kelompok B. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang dilakukan antara lain: pada perencanaan, guru mempersiapkan RPPM dan RPPH. Pada tiap RPPH terdapat lima kegiatan inti, dua dari kegiatan tersebut merupakan kegiatan tambahan yaitu kegiatan permainan kartu kata, Guru melakukan penataan lingkungan kelas, Guru mempersiapkan alat dan bahan kegiatan bermain dengan menggunakan media utama kartu kata dan alat bahan lainnya sesuai permainan kartu kata apa yang akan dilaksanakan. Pada pelaksanaan Guru melaksanakan enam permainan kartu kata yaitu permainan bola bowling suku kata, kartu kata puzzle, kartu kata dadu, kartu kata jejak kaki, kartu memori, dan permainan teratai suku kata. Sebelum bermain Guru mengajak anak bernyanyi kartu kata bersama, Guru menjelaskan dan mencontohkan cara bermain kartu kata. Pada evaluasi Guru melakukan evaluasi kegiatan permainan kartu kata dengan beberapa tahap yaitu, guru mengevaluasi dengan memberikan penugasan pada anak, guru mengamati anak saat proses kegiatan evaluasi, guru memfoto anak atau mendokumentasi kegiatan evaluasi, guru melakukan teknik penilaian observasi, dan yang terakhir guru melakukan penilaian teknik checklist.

Page 1 of 3 | Total Record : 21