HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Vol 10, No 2 (2022): HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

Peningkatan Efektivitas dan Hasil Belajar Sejarah dengan Metode Project Based Learning di SMA

Eko Purwanto (SMA Negeri 1 Adiluwih Pringsewu)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas dan hasil belajar sejarah dengan metode Project Bassed Learning pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan: observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Peningkatan efektivitas dan hasil belajar peserta didik kelas XII IPS 2 dalam pembelajaran sejarah dengan metode Project Based Learning dengan hasil sebagai berikut: Dari hasil observasi dan penilaian prasiklus 57,49%, siklus I 77,24%, Siklus II menjadi 90,58%, dan siklus III meningkat menjadi 118%. Hal ini terbukti bahwa kualitas hasil pembelajaran sejarah meningkat setiap siklusnya. Hasil belajar sejarah pada prasiklus ketuntasan belajar nol. Siklus I meningkat menjadi 67,85%, siklus II 89,28, dan siklus III ketuntasan belajar menjadi 100%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Field of History education, for example the model of developing historical learning. Historical Studies, for example, history of the movement, history of ...