Stilistika
Vol. 9 No. 2 (2021): Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING DENGAN TUTOR SEBAYAUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA BELAJAR BAHASA INDONESIA

I Made Nurdiana (SMA Negeri 1 Penebel)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Abstrak Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini pada siswa kelas XII IPA 1 di SMA Negeri 1 Penebel pada semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode Tutor Sebaya / model Mastery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 22 orang subjek penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 67,27 meningkat menjadi 69,32 pada siklus I dan meningkat menjadi 78,63 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 45% pada siklus I meningkat menjadi 64% dan pada siklus II meningkat menjadi 86%. Abstract The purpose of conducting this classroom action research of XII MIPA 1 students at SMA Negeri 1 Penebel in the second semester of the 2015/2016 academic year is to determine whether the application of the of the Peer Tutor method or Mastery Learning model can improve student achievement. This classroom action research involved 22 research subjects conducted in two cycles through the stages of planning,implementing, observing and reflecting. Learning achievement test is a tool used in collecting research data which is analyzed using descriptive analysis. The result obtained from this study indicate an increase in the ability of students to follow the learning process from the initial average of 67.27 increasing to 69.32 in cycle I and increasing to 78.63 in cycle II with 45 % initial learning completeness in cycle I increasing to 64% and in cycle II increased to 86%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

stilistika

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Perkembangan dan dinamika ilmu pengetahuan, termasuk salah satunya ilmu pendidikan bahasa dan seni sangatlah pesat. Perlu sebuah wadah untuk menampung dan menyebarluaskan kemajuan ilmu pendidikan bahasa dan seni secara berkesinambungan agar dapat mengedukasi masyarakat. Civitas akademika FKIP ...