cover
Contact Name
I Kadek Adhi Dwipayana
Contact Email
adhidwipa88@gmail.com
Phone
+6285738841774
Journal Mail Official
stilistika.fkip.upmi@gmail.com
Editorial Address
Seroja Street, Tonja, North Denpasar
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Stilistika
ISSN : 20898460     EISSN : 26213338     DOI : -
Core Subject : Education, Art,
Perkembangan dan dinamika ilmu pengetahuan, termasuk salah satunya ilmu pendidikan bahasa dan seni sangatlah pesat. Perlu sebuah wadah untuk menampung dan menyebarluaskan kemajuan ilmu pendidikan bahasa dan seni secara berkesinambungan agar dapat mengedukasi masyarakat. Civitas akademika FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia memiliki senstivitas dan kesadaran kolektif yang sangat kuat untuk berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan sehingga direalisasikanlah sebuah jurnal ilmiah bernama Stilistika. Jurnal Stilistika ini diterbitkan dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Mei dan November baik secara cetak maupun online. Jurnal Stilistika ini merupakan representasikan dari idealisme ilmiah yang terkonsentrasi pada bidang ilmu pendidikan bahasa dan seni. Jurnal ini tidak hanya mewadahi tulisan dosen-dosen internal FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia sendiri, tetapi juga mewadahi tulisan kawan-kawan di luar institusi yang memiliki komitmen kuat terhadap pelestarian dan pengembangan keilmuan, terutama ilmu pendidikan bahasa dan seni. Semoga penerbitan Jurnal Stilistika ini dapat bermanfaat dan menjadi wahana untuk membangun atmosfer akademik yang kompetitif. Sumbangan pemikiran, kritik, dan saran yang edukatif dari pembaca diharapkan dapat memperbaiki terbitan edisi selanjutnya.
Articles 96 Documents
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TARI BARIS TUNGGAL Luh De Liska
Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Vol. 7 No. 1 (2018): Stilitika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.424 KB)

Abstract

Pendidikan merupakan penentu dari pengembangan karakter. Didalam mempelajari seni tari tidak hanya memperlajari gerak saja, namun juga nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Tari Baris Tunggal merupakan salah satu tarian yang didalamnya terdapat nilai-nilai karakter. Pembelajaran seni tari sebagai salah satu alternatif untuk membantu mengenalkan dan mengembangkan pengetahuan seseorang tentang budaya lokal. Nilai-nilai karakter tersebut memiliki peranan membentuk karakter seseorang dengan Tuhan, diri sendiri, sesama, dan kebangsaan yang terkandung didalam geraknya. Education is a determinant of character development. In learning the art of dance not only learn about motion, but also the values contained in it. Baris dance is one of the dances in which there are character values. Dance learning is an alternative to help introduce and develop one's knowledge of local culture. These character values have a role in shaping a person's character with God, themselves, others, and nationalities contained in their movements.
PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF DALAM MENDUKUNG KEPARIWISATAAN DI KECAMATAN KINTAMANI KABUPATEN BANGLI PROVINSI BALI Ni Putu Laras Purnamasari; Agus Mediana Adiputra
Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Vol. 7 No. 1 (2018): Stilitika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.25 KB)

Abstract

Terciptanya produk suvenir khas Kintamani diharapkan dapat menjadi sumbangan dalam memperkaya dan mengembangkan kerajinan khas daerah, agar dapat memicu semangat kreativitas, dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat Kintamani khususnya, dan masyarakat di daerah lain yang memiliki potensi lokal unggul. Pengembangan industri kreatif melalui penciptaan produk suvenir batik khas Kintamani, pertama-tama dilakukan dengan cara melakukan pendataan terhadap potensi unggulan yang ada di daerah tersebut. Data yang diperoleh kemudian dievaluasi, sehingga didapat temuan mengenai potensi-potensi unggul yang dapat diciptakan menjadi motif batik. Motif-motif batik yang terpilih kemudian dipindah di kain, dan selanjutanya dilakukan proses pelilinan, pewarnaan hingga akhirnya tercipta lembaran kain batik yang siap untuk dijadikan produk suvenir. Produk suvenir batik yang diciptakan berupa syal, mengingat daerah Kintamani merupakan dataran tinggi yang memiliki suhu udara relatif dingin, selain itu juga tote bag atau tas jinjing, serta dompet dimana pemakaiannya sangat praktis dan fungsional. The creation of a unique Kintamani souvenir product is expected to be a contribution in enriching and developing regional handicrafts, in order to trigger a spirit of creativity, and be able to improve the economy of the Kintamani community in particular, and communities in other regions that have superior local potential. The development of the creative industry through the creation of typical Kintamani batik souvenir products, is first carried out by collecting data on the superior potential that exists in the area. The data obtained is then evaluated, so that findings can be obtained regarding superior potentials that can be created into batik motifs. The selected batik motifs are then moved in the fabric, and then the process is done, the coloring is finally created, a sheet of batik cloth that is ready to be made into a souvenir product. The batik souvenir products created are in the form of scarves, considering that the Kintamani area is a plateau that has relatively cold temperatures, besides that it is also a tote bag or tote bag, and a wallet where its use is very practical and functional.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENI RUPA DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E KELAS XI MIPA 2 SMAN 5 DENPASAR I Wayan Sirna
Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Vol. 7 No. 1 (2018): Stilitika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.211 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan rancangan PTK dengan analisis berdasarkan kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Untuk meningkatkan hasil belajar seni rupa dan aktivitas siswa dilakukan setting sosial kelas secara alamiah melalui tiga tahapan siklus penelitian tindakan kelas dengan menerapkan Learning Cycle 5E. Aktivitas siklus I menunjukkan sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar Learning Cycle 5E sehingga hasil belajar belum memenuhi harapan. Siklus II siswa dan guru sudah mulai memahami implementasi Learning Cycle 5E dan menunjukkan hasil yang cukup memuaskan, serta lebih meningkat lagi pada siklus III dengan hasil yang lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap guru dan siswa sudah mulai terbiasa menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sesuai dengan prinsip-prinsip Learning Cycle 5E sehingga berdampak terhadap meningkatnya hasil belajar siswa. This study uses the PTK design with analysis based on reflective, participatory, and collaborative studies. To improve the learning outcomes of fine arts and student activities, natural social settings are conducted through the three stages of the cycle of classroom action research by implementing 5E Learning Cycle. The activity of cycle I shows that some students are not familiar with the learning conditions of 5E Learning Cycle so that learning outcomes have not met expectations. The second cycle of students and teachers has begun to understand the implementation of the 5E Learning Cycle and shows quite satisfactory results, and more improved in the third cycle with better results. This can be seen from the results of observations of the teachers and students are getting used to creating an interesting and pleasant learning atmosphere in accordance with the principles of the 5E Learning Cycle so that it has an impact on increasing student learning outcomes.
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA TARI KECAK Luh Putu Swandewi Antari
Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Vol. 7 No. 1 (2018): Stilitika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.338 KB)

Abstract

Pancasila merupakan hasil pemikiran dari para tokoh nasional Bangsa Indonesia, dimana dalam Pancasila mengandung ajaran tentang nilai-nilai luhur dari Bangsa Indonesia. Secara historis nilai-nilai dari Pancasila bersumber dari kebudayaan Bangsa Indonesia, sehingga secara objektif Pancasila merupakan cerminan Bangsa Indonesia. Nilai-nilai pada Pancasila mengatur seluruh aspek kehidupan masyarakat Indonesia mulai dari hukum, politik, ekonomi dan seni budaya. Maka dari itu pendidikan seni budaya akan selalu menanamkan nilai-nilai Pancasila pada setiap prosesnya. Tari Kecak merupakan salah satu tarian yang terkenal di bali yang didalamnya mengandung nilai-nilai Pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode normatif empiris. Nilai-nilai Pancasila yang terdapat pada tari Kecak adalah nilai keTuhanan, nilai persatuan dan gotong royong, nilai perbedaan (plural), nilai cinta terhadap bangsa dan tanah air. Pancasila is the result of the thoughts of the national leaders of the Indonesian Nation, in which Pancasila contains teachings about the noble values of the Indonesian Nation. Historically the values of Pancasila originated from the culture of the Indonesian Nation, so that objectively Pancasila was a reflection of the Indonesian Nation. The values of Pancasila regulate all aspects of the life of Indonesian people starting from law, politics, economics and cultural arts. So from that cultural arts education will always instill Pancasila values in every process. Kecak dance is one of the famous dances in Bali which contains Pancasila values. The method used in this research is empirical normative method. The values of Pancasila found in the Kecak dance are the values of God, the value of unity and mutual cooperation, the value of difference (plural), the value of love for the nation and the country.
PENERAPAN METODE DRILL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS X MIPA 4 SMA NEGERI 7 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Ni Made Ariyatni
Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Vol. 7 No. 1 (2018): Stilitika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.05 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peserta siswa X MIPA 4 SMA Negeri 7 Denpasar 2017/2018 yang berjumlah 36 orang, terdiri atas 15 laki-laki dan 21 perempuan. Siklus penelitian memiliki tahapan diantaranya: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitiaan menunjukkan nilai rata-rata refleksi awal 63,69, nilai siklus I 71,67, nilai siklus II 79,17. Ini berarti telah ada peningkatan dari prasiklus ke siklus I dan siklus II sebesar 7,50. Begitu juga nilai rata-rata hasil observasi peserta didik pada siklus I nilai rata-rata 69,44 dengan predikat cukup meningkat pada siklus II nilai rata-rata 80,56 dengan predikat tinggi dan jumlah klasikal 34 peserta didik atau 94,44%. Jadi, Penerapan metode drill dapat meningkatkan kemampuan memproduksi teks eksposisi dan respon pada peserta didik kelas. This study uses a class action research design. The research subjects were participants of student X MIPA 4 in SMA Negeri 7 Denpasar 2017/2018, amounting to 36 people, consisting of 15 men and 21 women. The research cycle has stages including: planning, implementation, observation, and reflection. The results of the research show the value of the initial reflection average of 63.69, the value of the first cycle of 71.67, the value of the second cycle 79.17. This means that there has been an increase from pre-cycle to cycle I and cycle II at 7.50. Likewise, the average value of the observations of students in the first cycle was an average value of 69.44 with a predicate which was quite increased in the second cycle with an average score of 80.56 with a high predicate and a number of classics of 34 students or 94.44%. So, the application of drill methods can improve the ability to produce exposition texts and responses to class students.
FOKALISASI NOVEL TEMPURUNG KARYA OKA RUSMINI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA/SMK Ni Putu Yunia Dewi; Ida Ayu Agung Ekasriadi; I Made Sujaya
Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Vol. 7 No. 1 (2018): Stilitika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.787 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan jenis-jenis fokalisasi yang digunakan dalam novel Tempurung karya Oka Rusmini, (2) mendeskripsikan keterkaitan fokalisasi dengan unsur-unsur intrinsik lainnya, dan (3) relevansi fokalisasi novel Tempurung dalam pembelajaran sastra di SMA/SMK. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kepustakaan dengan teknik baca dan teknik catat. Data dianalisis dengan metode deskriptif analititk. Dari penelitian ini dihasilkan tiga temuan: (1) novel Tempurung karya Oka Rusmini kecenderungannya menggunakan fokalisasi intern dengan bentuk persona “aku”, (2) fokalisasi dalam novel Tempurung muncul dalam berbagai bentuk, yaitu cakapan langsung, solilokui, komentar pencerita, dan lakuan yang dapat berkaitan langsung dengan aspek tokoh dan gaya bahasa, dan (3) fokalisasi novel Tempurung karya Oka Rusmini memiliki relevansi dengan pembelajaran sastra di SMA/SMK, yaitu sebagai pengayaan bahan ajar dalam menganalisis isi dan kebahasaan novel. This study aims to (1) describe the types of focalization used in Oka Rusmini’s Tempurung, (2) describe the relation between focalization and the other intrinsic elements, and (3) to describe the relevance of focalization in the novel to the study of literature in Senior High Schools (SMA)/Vocational Schools (SMK). This research is a qualitative research. The data were collected through the library research method by reading and note-taking techniques. The data were analyzed using the descriptive-analytical method. There are three research findings: (1) Oka Rusmini’s Tempurung tends to use internal focalization with the pronoun ”I”; (2) the focalization in the novel appears in various forms, namely direct speech, soliloquy, narrator’s commentary, and characters’ actions that can be directly related to character aspects and language style, and (3) focalization in Oka Rusmini’s Tempurung has relevance to the study of literature in SMA/SMK.
PENERAPAN METODE INQUIRY LEARNING DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 2 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Tri Sulistyaningsih
Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Vol. 7 No. 1 (2018): Stilitika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.249 KB)

Abstract

Untuk mengetahui apakah metode inquiry mampu meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa, maka penelitian ini dilaksanakan dengan mengambil subjek penelitian di tingkat kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Denpasar pada semester I tahun 2016/2017. Tes prestasi belajar digunakan sebagai alat pengumpul data hasil penelitian. Setelah semua proses dilalui, diperoleh diperoleh data dari hasil analisis yaitu pada awalnya ketuntasan belajar siswa baru mencapai 67,8% pada siklus I meningkat menjadi 74,28 % , dan pada siklus II sudah mencapai 84,28%. Peningkatan persentase yang diperoleh tersebut merupakan kerja keras peneliti dari membuat perencanaan yang baik, melaksanakan proses pembelajaran di kelas mengikuti teori-teori para ahli dan menyiapkan segala alat media pendukung untuk pencapaian peningkatan prestasi belajar. Setelah pelaksanaan dilakukan, dilanjutkan dengan observasi dan refleksi keberhasilan tersebut menuntun peneliti membuat simpulan bahwa pemanfaatan metode inquiry mampu meningkatkan secara optimal prestasi belajar Bahasa Indonesia. To find out whether the method can improve the learning achievement of Indonesian language students, then this research is carried out by taking research subjects at the level of class X Ipa 1 of 2 Senior High School Denpasar in the second semester of 2016/2017. The test of learning achievement is used as data collecting tool of research result. After all the process done, obtained data from the analysis that is at first mastery learn new students reach 67,8 % in cycle one increased to 74,28 %. And on the second cycle reached 84,28 %. The increased percentage obtained is a hard work of researchers from making good planning. Carry out the process of learning in the classroom follow the theories of experts and prepare all the supporting media tools for the achievement of increased learning achievement. After the implementation is done, continued with the observation and reflection of success led the researchers to make a conclusion that the utilization of the inquiry method is able to optimally improve the learning achievement of Indonesian language.
MOBILISASI SOSIAL DALAM CERPEN PILIHAN KOMPAS 2016 TANAH AIR SUATU PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA Nyoman Astawan; Alfret Rusandi Tanggu Solo; Ida Ayu Iran Adhiti
Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Vol. 7 No. 1 (2018): Stilitika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.402 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena lemahnya nilai mobilisasi sosial di era sekarang ini. Peneliti menganalisis cerpen Pilihan Kompas 2016 Tanah Air untuk menemukan nilai mobilisasi sosial yang terdapat didalamnya, sehingga dapat dijadikan acuan dalam membentuk karakter siswa. Permasalahan penelitian ini adalah mobilisasi sosial apa yang terdapat dalam cerpen Tanah Air. Teori dalam penelitian ini yaitu, teori sosiologi sastra, cerpen, dan teori mobilisasi sosial, ciri-ciri mobilisasi sosial dan peran sastra dalam memobilisasi perilaku siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, menyajikan beberapa mobilisasi sosial dalam cerpen Tanah Air. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumen, melalui metode dokumen data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. This study purposed at researching to motivated by the weakness of social mobilization value in this era. The analyzing data This research is a qualitative descriptive through text analysis short stories of Cerpen Pilihan 2016 Tanah Air. This research presenting some social mobilization in the short story of the country and to find the value of social mobilization contained in, it can be used as a reference in shaping the character of students. The problem of this research is social mobilization what is in the short story of the country. Theories in this research are the theories of sociology of literature, short stories, and social mobilization theory, the characteristics of social mobilization and the role of literature in mobilizing student behavior. Data collection in this research is done by document method, to find any other value of social mobilization through the document data method is analyzed by descriptive analysis technique.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X MIA 2 SMA NEGERI 7 DENPASAR Cokorde Istri Mirah Kusuma Widiawati
Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Vol. 7 No. 1 (2018): Stilitika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.264 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan perencanaan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2016/2017, dengan jumlah 40 siswa yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I menunjukan dari 40 orang siswa (1) jumlah siswa yang nilainya meningkat sebanyak 36 orang siswa (90%), dan nilainya tetap sebanyak 4 orang (10%), (2) jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak 5 orang (12,5%), (3) peningkatan presentase nilai rata-rata kelas dalam pembelajaran menulis teks eksposisi dengan penerapan model pembelajaran kooperaatif tipe STAD pada refleksi awal (59,56), siklus I (71,21), siklus II (81,72). This study used the STAD type cooperative learning model with two cycles planning. The subjects of this study were students of class X MIPA 2 in SMA Negeri 7 Denpasar in the academic year 2016/2017, with a total of 40 students consisting of 18 male students and 22 female students. Data collection in this study was carried out using test and non-test techniques. The results of the study obtained in the first cycle showed that of 40 students (1) the number of students whose grades increased by 36 students (90%), and the value remained as many as 4 people (10%), (2) the number of students who had not completed 5 people (12.5%), (3) an increase in the percentage of the average grade value in learning exposition text writing by applying the STAD type cooperative learning model to the initial reflection (59.56), cycle I (71.21), cycle II ( 81,72).
IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI PANTUN PADA SISWA KELAS XI MIPA3 SMA NEGERI 5 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Ketut Yarsama; Ni Putu Widi Astiti
Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Vol. 7 No. 1 (2018): Stilitika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.707 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan beberapa siklus yakni prasiklus, siklus I, dan siklus II masing-masing siklus dilakukan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan kemampuan menulis teks pantun siswa kelas XIMIPA3 SMA Negeri 5 Denpasar tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pra siklus yakni 64,36, meningkat pada siklus I menjadi 73,06, dan pada siklus II menjadi 85,81. Penerapan media pembelajaran audio visual mendapat respon yang sangat tinggi dari siswa kelas XI MIPA3 SMA Negeri 5 Denpasar tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata hasil observasi siswa pada siklus I yakni 70,90 dan meningkat menjadi 86,36 pada siklus II. This research is a classroom action research carried out with several cycles, namely cycle, cycle I, and cycle II, each cycle carried out four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. The results of this study indicate that, the application of audio-visual learning media can improve the ability to write pantun texts of XIMIPA3 students in Denpasar Public High School 2017/2018 academic year. This is evidenced by the pre-cycle average value of 64.36, increasing in the first cycle to 73.06, and in the second cycle is 85.81. The application of audio-visual learning media received a very high response from students of class XI MIPA3 Denpasar 5 SMA in the school year 2017/2018. This is evident from the average value of student observations in the first cycle of 70.90 and increased to 86.36 in the second cycle.

Page 1 of 10 | Total Record : 96