Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora
Vol. 1 No. 2 (2022): Juni : Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora

Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Materi Pencak Silat

Nuansa Agung Perdana (SMA Negeri 1 Weru Kab. Sukoharjo)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Penulisan Best Practice ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model Project Based Learning pada materi pencak silat Subjek penulisan Best Practice ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Weru Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 35 siswa. Penulisan Best Practice menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Hasil yang diperoleh dari penelitian bahwa pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) yang telah dilakukan mampu untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Prosentase keaktifan tanpa menggunakan model berbasis proyek adalah 57,25% setelah menggunakan model PJBL kategori aktif meningkat menjadi 72,95%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Dewantara

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Ilmu Sosial Ilmu Ekonomi Akuntansi Manajemen Kebudayaan Pendidikan Sejarah Pariwisata Gender Humaniora Seni Budaya Linguistik Sastra Filsafat Studi Agama Studi Media dan Komunikasi Berbagai bidang penelitian yang ...