Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora
Vol. 1 No. 4 (2022): Desember : Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora

ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Wan Rolinda (Universitas Riau)
Yulia Engelina Napitupulu (Universitas Riau)
Yulinda Agita Putri (Universitas Riau)
Jesi Alexander Alim (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini menyajikan hasil analisis motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas IV SDN 024 Tarai Bangun terhadap pembelajaran Matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah 15 pernyataan. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IV.E yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Hasil analisis menunjukkan bahwa diperoleh rata-rata motivasi belajar matematika siswa sebesar 52,571. Median sebesar 52 mengandung arti bahwa 50% sampel memiliki motivasi belajar 52 ke atas dan 50% sampel memiliki motivasi belajar 52 ke bawah. Motivasi belajar yang paling sering muncul adalah 54 standar deviasi adalah 4,2464 dan varians adalah 18,032 menunjukkan tingkat keragaman data. Motivasi belajar tertinggi sebesar 60 dan motivasi terendah sebesar 41.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Dewantara

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Ilmu Sosial Ilmu Ekonomi Akuntansi Manajemen Kebudayaan Pendidikan Sejarah Pariwisata Gender Humaniora Seni Budaya Linguistik Sastra Filsafat Studi Agama Studi Media dan Komunikasi Berbagai bidang penelitian yang ...