Al-Ihath: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam
Vol. 2 No. 1 (2022): Januari

Penerapan Keterampilan Batik Ciprat dalam Melatih Perkembangan Kognitif Anak Tunagrahita

Muhammad Faizin (STAI Attanwir Bojonegoro)
Nila Rofiatul Ummah (STAI Attanwir Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2022

Abstract

Anak tunagrahita memiliki kemampuan intelektul (kognitif) yang rendah mereka sulit memahami sesuatu yang bersifat kompleks, hal tersebut menjadikannya terhambat dalam proses belajar.Seperti dalam keterampilan membatik anak tunagrahita cenderung diperlakukan secara diskriminatif, namun dengan adanya batik ciprat yang proses pembuatannya lebih sederhana diharapkan dapat melatih perkembangan kognitif anak tunagrahita.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan keterampilan batik ciprat terhhadap perkembangan kognitif anak tunagrahita. Partisipan pada penelitian ini terdiri dari 4 siswa tunagrahita ringan dengan rentang usia 13-16 tahun. Data penelitian ini dikumpulkan melalui 3 (tiga) teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara dan dilengkapi dengan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metodepenelitian kualitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembuatan batik ciprat dilakukan melalui aspek isi atau orientasi, aspek struktur atau adaptif, dan aspek fungsi atau ekuilibrasi. Penerapan pembuatan batik ciprat dapat digunakan sebagai salah satu media dalam melatih perkembangan kognitif anak tunagrahita.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jbki

Publisher

Subject

Religion Health Professions Social Sciences

Description

An objective of the Al-Ihath Journal of Guidance, Counseling and Psyhology is to promote the wide dissemination of the results of systematic scholarly inquiries into the broad field of Counseling research. The Al-Ihath is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of ...