Kesetaraan Gender dalam Buku Pendidikan Bahasa Indonesia Kelas X dan XI Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini mendeskripsikan kesetaraan posisi dan peran gender dalam ranah domestik maupun publik pada buku pembelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas X dan XI Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah koskata, klausa, kalimat, atau paragraf yang mengandung kesetaraan gender sedangkan sumber dari penelitian ini adalah teks bacaan dalam buku pelajaran bahasa Indonesia kelas X dan XI SMA kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan edisi revisi tahun 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pencatatan dan teknik baca-simak. Hasil penelitian diklasifikasikan berdasarkan posisi dan peran gender dalam lingkup domestik dan dalam lingkup publik. Bentuk kesetaraan gender yang ditemukan adalah kesetaraan posisi dan peran dalam lingkup domestik maupun publik. Kesetaraan posisi dan peran berkenaan dengan kesetaraan posisi dan peran seseorang dalam lingkup domestik tidak hanya laki-laki, perempuan juga ditemukan sebagai pengambil keputusan dan dapat menjadi pemimpin keluarga. Kesetaraan gender juga ditemukan dalam lingkup publik berupa kesetaraan posisi dan peran gender dimana perempuan digambarkan sebagai orang yang mampu mencari nafkah untuk dirinya sendiri tanpa memerlukan bantuan dari orang lain, perempuan digambarkan sebagai sosok yang mandiri dan mampu menjadi pemimpin baik untuk diri sendiri ataupun orang lain.
Copyrights © 2021