Jurnal Sains & Teknologi Lingkungan
Vol. 15 No. 1 (2023): SAINS & TEKNOLOGI LINGKUNGAN

Penentuan Status Mutu Air Sungai Winongo Pada Parameter Fosfat, Nitrat, dan Amonia Menggunakan Metode Storet, Indeks Pencemaran, CCMEWQI dan BCWQI.

Kemal Reza (Laboratorium Analisis Risiko Lingkungan FTSP, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta)
Nelly Marlina (Program Studi Teknik Lingkungan, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta)
Suphia Rahmawati (Program Studi Teknik Lingkungan, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Sungai Winongo merupakan sungai yang berada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sungai ini melintasi 3 kabupaten/kota yakni Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Bantul. Dengan letaknya ini menjadikan sungai tersebut tidak lepas dari aktivitas masyarakat setempat, sehingga mempengaruhi kualitas air dari sungai tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji status kualitas air Sungai Winongo menggunakan 4 metode indeks kualitas air, yakni metode storet, indeks pencemaran, CCMEWQI dan BCWQI, juga bertujuan untuk mengetahui metode yang sesuai pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari laman yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Dinas lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Yogyakarta dan parameter yang diuji adalah parameter kimia yakni fosfat dan nitrat. Tingginya konsentrasi parameter ini dapat menunjukkan adanya pencemaran di suatu perairan.Adapun pada metode indeks Pencemaraan, didapatkan hasil tercemar ringan. Pada metode Storet, didapatkan hasil tercemar sedang hingga berat. Pada metode CCMEWQI didapatkan hasil sangat buruk. Serta pada metode BCWQI didapatkan hasil sedang.Untuk metode yang sesuai pada penelitian ini adala metode Indeks Pencemaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Sains & Teknologi Lingkungan (JSTL) published twice a year in January and June is a scientific journal that publishes scientific research papers and ideas in the field of science and technology related to environmental issues. The journal covers typical subjects of environmental sciences and ...