Intelektualita
Vol 11, No 02 (2022): Jurnal Intelektualita

MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER ANAK MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER DI MIN TUNGKOP ACEH BESAR

Nurussalami Nurussalami (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2023

Abstract

Pembinaan karakter anak melalui Program ekstrakurikuler di MIN Tungkop Aceh Besar dengan tujuan yaitu untuk mengetahui bentuk-bentuk pembinaan karakter peserta didik di MIN Tungko Aceh Besar, untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan karakter peserta didik melalui Program ektrakurikuler di MIN Tungkop Aceh Besar, untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pembinaan karakter peserta didik di MIN Tungko Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoan wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Berdasarkan hasil pengumpulan dan pengolahan data, maka hasilnya dapat dirangkum, sebagai berikut: Bentu-bentuk pembinaan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler di MIN Tungko Aceh Besar antara lain: kegiatan keagamaan, upacara bendera, kegiatan SKJ, kegiatan kepramukaan. Rancangan dan pelaksannaan Pembinaan karakter di MIN Tungkop Aceh Besar dirancang dengan menyesuaikan semua kegiatan sekolah baik intrakurikuler, ko-kurikuler dan ekstrakurikuler terhadap visi sekolah yaitu menjadikan anak didiknya bertakwa kepada Allah SWT. Pembinaan karakter peserta didik di MIN Tungkop Aceh Besar dilaksanakan melalui beberapa kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, pengkondisian, kegiatan ko-kurikuler, kegiatan keseharian di rumah, pemberian waktu tambahan untuk kegiatan ekstrakurikuler dan juga bekerja sama dengan pihak keluarga dan sekolah. Faktor-faktor pendukung dan penghambat pembinaan karakter peserta didik di MIN Tungko Aceh Besar diantara lain faktor pendukung: antusias dan semangat peserta didik, kerja sama, kekompakan semua pihak, dukungan orang tua, keteladan guru, komunikasi yang baik antara siswa dan guru, alokasi waktu yang cukup. Sedangkan faktor penghambat: kurangnya tenaga pendidik untuk kegiatan ekstrakurikuler, perbedaan latar belakang keluarga, adanya beberapa peserta didik yang dibimbing, dan hal itu mempengaruhi temannya, pergaulan anak, jarak rumah peserta didik dan guru jauh dan Keterbatasan sarana dan prasarana dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

intel

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Intelektualita adalah jurnal berkala ilmiah yang berbasis open-accass yang memuat hasil-hasil penelitian, book review dalam bidang kajian Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Supervisi, Kepemimpinan dan Psikologi. Jurnal intelektualita diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas ...