Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah)
Vol 6 No 1 (2023): Article Research Volume 6 Number 1, Januari 2023

Pengaruh PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA UMKM

Aris Siregar (Universitas Asahan)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2023

Abstract

Loyalitas pelanggan perusahaan merupakan faktor penting dalam keberhasilan bisnis perusahaan; mempertahankan loyalitas ini berarti meningkatkan kinerja keuangan perusahaan dan menjamin bahwa perusahaan akan terus eksis. Kualitas layanan dapat diartikan dalam berbagai cara yang berbeda karena fakta bahwa kualitas terdiri dari sejumlah tingkat universal yang sama di mana-mana. Sistem kepercayaan budaya sangat penting untuk pembentukan budaya. + 0,556 X3 + e, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F secara simultan, selain uji t parsial dan uji koefisien determinasi (R2). Berdasarkan temuan penelitian ini, variabel independen Kualitas Pelayanan (X1), Kualitas Produk (X2), dan Kepuasan Pelanggan (X3) semuanya berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap variabel dependen Loyalitas Pelanggan. Hal ini ditunjukkan dengan Fhitung 99,345 melebihi Ftabel 2,70. Keterkaitan antara kedua variabel menunjukkan bahwa variabel kepuasan pelanggan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y). Hal ini ditunjukkan dengan thitung (7,523) > ttabel (1,98609). Nilai adjusted R Squer yang menunjukkan koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah 0,836 yang berarti 83,6% dari total. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan, kualitas produk, dan kepuasan pelanggan dapat menyumbang 83,6% dari variabilitas loyalitas pelanggan. Sisanya 16,4% dari variabilitas loyalitas pelanggan dapat dipertanggungjawabkan oleh faktor tambahan yang tidak diselidiki dalam penelitian ini.

Copyrights © 2023