Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Vol 9 No 1 (2023): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya

Hubungan Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar Dengan Minat Meneruskan Pendidikan Peserta Didik

Gaby Maulida Nurdin (Universitas Sulawesi Barat)
Masyitha Wahid (Universitas Sulawesi Barat)
Mardiana Mardiana (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2023

Abstract

Setiap siswa memiliki motivasi belajar dan prestasi belajar yang berbeda sehingga minat atau dorongan untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi juga berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan minat melanjutkan pendidikan peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Majene (2) untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar dengan minat melanjutkan pendidikan peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Majene. (3) untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar dan motivasi belajar dengan minat melanjutkan pendidikan peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Majene. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Majene dengan jumlah 156 orang. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang terdiri atas 112 siswa dengan perwakilan masing-masing kelas XII MIPA. Pengumpulan data motivasi belajar dan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan menggunakan angket yang disebarkan dalam bentuk google form melalui aplikasi WhatsApp, dan pengumpulan data prestasi belajar menggunakan nilai rapor (evaluasi kognitif) peserta didik kelas XI MIPA pada pelajaran biologi semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan minat melanjutkan pendidikan pada peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Majene diketahui dari nilai signifikansi (0,000). (2) tidak terdapat hubungan antara prestasi belajar dengan minat melanjutkan pendidikan pada peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Majene yang ditunjukkan melalui nilai signifikansi (0,141). (3) terdapat hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar dengan minat melanjutkan pendidikan pada peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Majene dengan melihat nilai signifikansi (0,000).

Copyrights © 2023