YUME : Journal of Management
Vol 6, No 1 (2023)

Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Yang Menggunakan Jasa Pengiriman Di Kantor Pos Dan Giro Gorontalo

Siti Hajrin Salawali ((Orc ID : https://orcid.org/0000-0003-0155-2555) (Sinta ID : 6675772) STIE Amkop Makassar)
Tineke Wolok (Unknown)
Zulfia K. Abdussamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2023

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis 1) pengaruh Product terhadap Keputusan Pembelian pada pelanggan yang menggunakan jasa pengiriman di Kantor Pos dan Giro Gorontalo, 2) pengaruh Place terhadap Keputusan Pembelian pada pelanggan yang menggunakan jasa pengiriman di Kantor Pos dan Giro Gorontalo. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yaitu sebanyak 45 orang. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada orang yang pernah menggunakan jasa pengiriman di Kantor Pos dan Giro Gorontalo sebagai responden. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji t (parsial) 1) produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan t hitung lebih besar dari t tabel (4.187 > 1,681), 2) lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4.569 > 1,681), Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan R Square sebesar 84,9% dikategori sangat kuat, sedangkan sisanya 15,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti variabel customer service, kualitas layanan, ketepatan waktu, harga, dan citra perusahaan. Kata Kunci: Bauran pemasaran jasa, Keputusan pembelian. AbstractThis present research animed to determine and analyze 1) the effect of the product on purchase decision for customers who use delivery services at the Gorontalo Post dan Giro Office and 2) the effect of place on purchase decision for customers who use delivery services at the Gorontalo Post and Giro Office. The sampling technique used simple random sampling with a total sample of 45 people. The date collection technique used was questionnaires distributed to people who had user delivery services at the Gorontalo Post and Giro Office. At the same time, the analytical test tool used in testing this research was simple linear regression analysis.The results of the t-test (partial) denoted that 1) product affected the purchase decision, as indicated by t-count was higher than t-table (4.187 < 1.681), and 2) place affected the purchase decision, as indicated by t-count value was higher than t-table (4.569 > 1.681). Furthermore, the calculation of the coefficient of determination obtained the R Square value of 84.9% with a highly significant effect category. In comparison, the remaining 15.1% were affected by other variables not examined in this research, suchas customer service, service quality, timeliness, price, and corporate image.  Keywords: Service Marketing Mix, Purchase Decision.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...