Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 7, No. 1 (Januari 2023)

Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Buzz Group Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa SD

Maulidiya Maulidiya (Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia)
Badruli Martati (Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia)
Deni Adi Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran kolaboratif tipe buzz group dalam hal peningkatan keaktifan siswa SD salah satunya pada mata pelajaran PPKn yang cenderung kurang disukai oleh siswa SD, kajian pada artikel ini berfokuskan pada keaktifan  siswa SD terhadap pelajaran PPKn menggunakan model pembelajaran kolaboratif tipe buzz group. Penelitian menggunakan metode diskriptif kualitatif. subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Surabaya. sumber data terdiri dari hasil wawancara dengan guru menggunakan lembar wawancara guru, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dalam proses pembelajaran siswa cenderung kurang tertarik dan bosan dengan proses pembelajaran karena meode yang digunakan hanya ceramah dan monoton. Hasil penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keaktifan siswa sd terhadap pelajaran PPKn menggunakan model pembelajaran kolaboratif tipe buzz group. Sehingga peneliti melakukan penelitian ini agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan siswa sangat berperan penting dalam proses pembelajaran dan hasil belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...